visitaaponce.com

Oleh-oleh Khas Surabaya, Jangan sampai Dilewatkan Wajib Bawa Pulang

Oleh-oleh Khas Surabaya, Jangan sampai Dilewatkan Wajib Bawa Pulang
Lapis Surabaya salah satu oleh-oleh khas Surabaya(dok. Spikoe)

SURABAYA adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota ini memiliki sejarah yang panjang sebagai pusat perdagangan dan industri di Indonesia, serta memiliki budaya dan kuliner yang khas. 

Surabaya juga menjadi salah satu kota penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, terutama dalam peristiwa Pertempuran Surabaya pada 1945. Saat ini, Surabaya menjadi pusat kegiatan bisnis, perdagangan, dan pariwisata di Jawa Timur.

Surabaya memiliki ragam kuliner, budaya, bahasa, serta keunikan lainnya. Beberapa makanan khas Surabaya, di antaranya rawon, soto ayam Lamongan, sate klopo, tahu campur, lontong balap, rujak cingur, dan nasi krawu. Selain itu, Surabaya juga dikenal dengan bahasa khasnya yang unik, yaitu bahasa Ngapak Surabaya atau sering disebut bahasa Arek Surabaya. 

Baca juga: Daftar Makanan Khas Sunda yang Enak Bikin Nagih 

Surabaya juga memiliki budaya yang kaya dan beragam, antara lain tari Remo dan musik Jaipongan. Selain itu, kota Surabaya juga terkenal dengan Monumen Kapal Selam, Tugu Pahlawan, dan pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza yang terkenal di Indonesia.

Nah setelah puas berkeliling Surabaya. Saatnya membeli oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Berikut beberapa di antaranya,

Baca juga: Daftar Oleh-oleh Khas Medan yang Populer

Layer Cake Surabaya 

Kue tradisional khas Surabaya ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, gula pasir, margarin, dan pasta pandan. Kue ini terdiri dari beberapa lapisan yang tipis dan halus dengan warna hijau atau coklat, tergantung dari pewarna yang digunakan. Biasanya layer cake Surabaya dibuat dalam bentuk bulat atau kotak dengan ukuran yang kecil dan mudah dibawa sebagai oleh-oleh. Rasanya manis, lembut, dan sedikit renyah di bagian luar. 

Lapis Surabaya 

Kue dengan tekstur lembut dan padat ini biasanya berwarna kuning dan coklat. Di antara lapisan bolunya dilengkapi dengan krim lembut yang memberikan rasa yang lezat. Bolu ini terbuat dari telur, gula, tepung terigu, dan mentega. 

Tahu Telur Surabaya 

Makanan satu ini merupakan tahu goreng yang dicampur telur, kecambah, dan daun bawang. Setelah digoreng menyerupai telur dadar, tahu akan ditaburi dengan kuah kacang yang gurih. Tidak lupa diberi potongan timun, kol, dan daun selada sebagai pelengkap. Tahu Telur Surabaya sering dijajakan di pinggir jalan atau di warung makan di Surabaya.

Keripik Tempe Sanan

Camilan satu ini berbahan dasar tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Biasanya makanan ini sudah dikemas dalam bungkus yang praktis untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh Surabaya atau daring. 

Rujak Cingur Surabaya

Cingur atau potongan hidung sapi ini merupakan makanan khas Surabaya. Rujak satu ini merupakan campuran dari cingur, mentimun, kering tempe, tauge, dan kangkung, yang disiram saus kacang pedas dan gula jawa. Hidangan dengan cita rasa pedas ini biasanya disajikan dengan kerupuk udang. 

Rawon Setan Bu Kris 

Sup daging berkuah hitam ini merupakan khas Jawa Timur. Kuah rawon yang pekat itu berasal dari kluwak. Nah kalau ke Surabaya dan ingin mencicipinya, langsung saja ke Rawon Setan Bu Kris. Di sini cita rasa rawonnya pedas dan khas. Rawon Setan Bu Kris menjadi populer karena menggunakan bumbu yang terbuat dari campuran rempah-rempah khas Jawa Timur dan cabai rawit. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi, tauge, emping, dan irisan mentimun serta sambal petis.

Sate Klopo Ondomohen Surabaya 

Sate satu ini terbilang unik. Daging sapi atau ayam dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu sebelum dibakar. Sate ini disajikan dengan kelapa parut yang dibakar hingga kecoklatan, lalu diberi bumbu rempah khas Surabaya, seperti bawang putih, ketumbar, merica, dan kencur. Selain itu, sate klopo ondomohen disajikan dengan saus kacang yang gurih dan sedikit pedas.

Kue Jongkong Surabaya 

Makanan khas satu ini terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, gula merah, dan garam. Adonan ini dibentuk mirip cangkang kerang dan dikukus hingga matang. Kue Jongkong memiliki tekstur yang kenyal dan aroma kelapa yang khas. Makanan ini biasanya dijual di pasar tradisional atau di warung kopi di Surabaya. Kue Jongkong menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibeli wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. 

Keripik Singkong Surabaya

Siapa yang tidak tahu keripik. Apalagi keripik singkong yang terkenal renyah. Nah di Surabaya, keripik singkong ini dicampur dengan bumbu pedas yang akan membuat anda ketagihan. 

Itulah oleh-oleh khas Surabaya yang dapat menjadi hadiah untuk orang-orang di rumah, semoga bermanfaat! (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat