visitaaponce.com

KLHK Titik Panas Tahun 2023 Menurun 24,5

KLHK: Titik Panas Tahun 2023 Menurun 24,5%
Kebakaran hutan di Desa Medangkampai Dumai dan Desa Tanjung Leban Bengkalis, Provinsi Riau, April 2023.(Polda Riau)

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut adanya penurunan jumlah titik panas pada tahun ini dibanding tahun 2022. Lokasi titik panas terbanyak berada di Provinsi Riau.

"Sejak 1 Januari hingga 9 Mei 2023, KLHK memantau ada sebanyak 249 jumlah titik panas dengan confident level high. Sementara pada 2022 di periode yang sama ada sekitar 330 titik panas. Jadi mengalami penurunan sebesar 24,55%," kata Direktur Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Thomas Nifinluri, saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (11//5).

Thomas membeberkan, pada tahun ini sendiri jumlah titik panas tersebar di Riau sebanyak 35 titik, Kalimantan Barat 15 titik, Kalimantan Timur 8 titik Sumatra Selatan 7 titik, Papua 2 titik, Kalimantan Tengah 1 titik, Kalimantan Selatan 1 titik dan Jambi 1 titik.

Baca juga : Suhu Tak Kunjung Turun, Kebakaran Hutan di Kanada Kian Meluas

Menurutnya, titik panas merupakan indikasi kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), namun belum tentu semuanya berubah menjadi titik api (fire spot).

"Oleh karena itu dilakukan gorundcheck oleh Manggala Agni dan segera dilakukan pemadaman jika ditemukan karhutla," beber Thomas.

Baca juga : Ijuk di Waterfront Labuan Bajo Terbakar karena Cuaca Ekstrem

Selain terus dilakukan pemantauan, KLHK bersama dengan sejumlah pohak juga melakukan pemantauan cuaca, patroli gabungan dan mandiri serta penyuluhan kepada masyarakat.

Di samping itu, ada pula kegiatan teknologi modifikasi cuaca (TMC) bersama bRIN, BNPB dan TNU AU untuk pembasahan areal kawasan hutan.

"Untuk TMC sudah dilakukan di Riau dan Jambi. Selnjutnya akan dilakukan di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Sumatra Selatan pada Mei ini dan Riau kembali dilakukan pada September sampai Oktober 2023 mendatang," pungkas dia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat