visitaaponce.com

Doa Pagi Katolik untuk Memulai Hari Penuh LindunganNya

Doa Pagi Katolik untuk Memulai Hari Penuh LindunganNya
Memulai pagi dengan doa menjadi rutinitas positif. Berikut doa pagi untuk umat katolik.(AFP)

DOA merupakan salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Sangat penting untuk memiliki rutinitas berdoa setiap hari. Baik saat memulai di pagi hari setelah bangun tidur, selama beraktivitas, hingga tiba waktu untuk kembali tidur.

Dengan berdoa pagi hari bisa menjadi bekal atau persiapan diri sebelum menghadapi berbagai aktivitas di sepanjang hari. Dengan berdoa kita memohon bimbingan Tuhan dan Roh Kudus agar tetap selalu diberkati dan dilancarkan seluruh kegiatan yang akan dijalankan serta selalu terjaga dalam lindungan-Nya.

Doa Katolik Puji Syukur

Baca juga: Contoh Doa Malam Katolik sebelum Tidur

Ucapan rasa syukur ini kita panjatkan atas segala rahmat yang boleh diberikan oleh Allah Bapa.

“Ya, Allah Bapa yang murah hati dan maha kasih. Kami mengucap syukur kepada-Mu atas segala kemurahan-Mu.

Baca juga: Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

Kami bersyukur terlebih atas pemeliharaan yang boleh diberikan sepanjang malam tadi. Kami bersyukur untuk kesehatan yang masih diberikan.

Kami bersyukur untuk segala rahmat yang boleh diterima pada pagi hari ini. Pagi ini, kami menyerahkan kepadamu, jiwa, dan badan ini.

Kami mempersembahkan kepadaMu segala perbuatan yang akan kami lakukan pada hari ini.

Berkatilah kami ya Tuhan Maha Baik. Tolonglah kami untuk berbuat baik bagi sesama kami, beroleh kemurahan menjadi perpanjangan tanganmu untuk menolong orang yang kami jumpai hari ini.

Jauhkan kami dari rasa cemburu, mudah marah, dan iri hati. Berilah kami kesabaran, kebijaksanaan dan sikap mawas diri, agar apa yang kami lakukan hari ini terjadi seturut dengan kehendak-Mu.

Semua ini aku sampaikan kepada-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

Doa Mohon Perlindungan

Perjalanan hidup, usia, kematian dan takdir acap kali tak dapat ditebak. Sebelum melangkah beraktivitas di pagi hari, umat Katolik dianjurkan untuk berdoa memohon keselamatan. Berharap untuk bisa bertemu lagi dengan hari esok dengan keadaan sehat.

“Allah Bapa Sang Pencipta manusia dan alam semesta ini, Aku ucapkan syukur kepada-Mu, karena boleh bangun di pagi hari ini. Aku mohon bimbingan-Mu sepanjang hari ini. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur.

Buat aku agar tidak mudah putus asa dalam menjumpai segala kesulitan.Jagailah aku dari segala marabahaya dan dari rencana jahat terhadapku. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

Doa Sebelum Bekerja

Ya Allah, Bapa sumber segala kerahiman.

Pada awal hari baru ini aku menghaturkan puji dan syukur kepada-Mu atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi.

Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku.

Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini.

Bimbinglah aku sepanjang hari ini; arahkanlah pikiran dan budiku, jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam.

Tindakan marah dan cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri.

Jagalah lidah dan bibirku, jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam menusuk rasa, kata yang tidak benar, kata yang menghina.

Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku, supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik baiknya, tidak pernah jemu menolong sesama.

Selalu ramah dan tahu terima kasih, menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku.

Semua ini kami sampaikan kepada-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Doa Sebelum Belajar

Allah Bapa dan Bunda Maria, terima kasih atas hari baru yang Kau berikan, terima kasih untuk kesehatan dan sukacita sehingga kami bisa mempersiapkan diri untuk belajar pada hari ini.

Tuhan Yang Baik, kiranya Kau memberikan hikmat, berkat, dan bimbingan selama saya belajar hari ini. Bunda Maria berikan saya kasih dan pikiran yang positif dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan pada hari ini. Terima kasih Bapa, Amin.

Doa Pagi Katolik Meminta Bantuan Tuhan
Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindunganMu sepanjang malam tadi. Terimakasih ya Tuhan Yesus karena kau selalu mau menjadi sahabatku. Juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing hidupku. Sebelum beraktivitas, aku mohonkan bimbingan-Mu sepanjang hari. Berkatilah pula orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku sepanjang hari. Dan berikanlah penghiburan bagi yang bersusah hati, sakit dan menderita. Bimbinglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindung, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat