visitaaponce.com

Mengenal Doa Salam Maria yang Kerap Didoakan Umat Katolik

Mengenal Doa Salam Maria yang Kerap Didoakan Umat Katolik
Pengunjung melihat koleksi Museum Gereja Katedral, Patung Bunda Maria Segala Suku, dalam rangkaian wisata religi di Gereja Katedral, Jakarta(MI/RAMDANI)

DOA Salam Maria adalah doa yang terkenal dalam tradisi Katolik dan dalam bahas Inggris disebut Hail Mary. Umat Katolik percaya pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, serta mengakui Maria sebagai Bunda Allah. Doa ini didasarkan pada beberapa bagian Alkitab.

Berikut adalah teks dari Doa Salam Maria 

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan serta-Mu,
terpujilah Engkau di antara wanita,
dan terpujilah buah tubuh-Mu, Yesus.

Baca juga : Doa Pagi Katolik untuk Memulai Hari Penuh LindunganNya

Santa Maria, Bunda Allah, 
doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati.

Amin.

Dengan doa ini, umat Katolik bersatu dengan Bunda Maria dan menerima semangat kesederhanaan, keterbukaan, dan pemberian dirinya secara total yang dia persembahkan. 

Baca juga : Contoh Doa Malam Katolik sebelum Tidur

Doa Salam Maria adalah kombinasi dari beberapa ayat dari Injil Lukas, termasuk salam dari Malaikat Gabriel kepada Maria dalam Injil Lukas 1:28 dan pujian dari Elizabeth kepada Maria dalam Injil Lukas 1:42.

Doa Salam Maria adalah salah satu doa yang paling sering diucapkan umat Katolik. Doa ini menjadi dasar dari doa Rosario, yang merupakan doa renungan penting bagi umat Katolik. 

Saat mendoakan Rosario, umat Katolik mengulang doa Salam Maria hingga sepuluh kali, sambil merenungkan misteri-misteri yang terkait dengan Rosario.

Baca juga : Cara Berdoa Novena Santo Yudas Tadeus, Doa yang Mewujudkan Keinginan Apapun

Tujuan doa Salam Maria adalah untuk menghormati Bunda Maria dan memohon doanya sebagai perantara kepada Yesus Kristus. 

Doa Salam Maria merupakan salah satu doa yang sangat populer dalam tradisi Katolik dan digunakan oleh umat Katolik sebagai bentuk penghormatan kepada Maria, Bunda Allah.

Dalam doa Salam Maria, umat Katolik memuji Maria sebagai Bunda Allah dan meminta doa dan perlindungan-Nya. Dalam Gereja Katolik, Maria dianggap sebagai perantara yang kuat antara umat manusia dan Yesus Kristus, Anak Allah. 

Baca juga : Doa Bapa Kami Kristen Protestan dan Katolik dalam Bahasa Inggris, Batak, dan Arab

Oleh karena itu, umat Katolik berdoa kepada Maria agar ia berdoa bagi mereka kepada Tuhan dan memberikan perlindungan, penghiburan, dan bantuan rohaniah dalam kehidupan mereka. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat