visitaaponce.com

Didukung Teknologi Canggih, Pelayanan Rehabilitasi Medis Kian Optimal

Didukung Teknologi Canggih, Pelayanan Rehabilitasi Medis Kian Optimal
RS Grha Kedoya memperkenalkan alat robotik rehabilitasi medik Lexo dan Diego sebagai sebuah terobosan baru terapi rehabilitasi medis.(Ist)

RUMAH Sakit Grha Kedoya (RSGK) mengadakan acara Grand Launching pembukaan unit Advaced Medical Rehabilitation pada Rabu (24/5).

Pada peluncuran unit terbaru ini RSGK memperkenalkan alat robotik rehabilitasi medik yang bernama Lexo dan Diego sebagai sebuah terobosan baru dalam dunia  terapi rehabilitas medis terutama di Asia Tenggara.

Lexo dan Diego merupakan alat robotic rehab medik dari Swedia yang hadir pertama kali di Indonesia sebagai alat yang dimiliki untuk membantu pasien dalam melakukan rehabilitasi anggota gerak atas dan bawah secara lebih mudah, efisien, aman, efektif dan lebih terukur dalam melakukan moniroting dan evaluasi kemajuan pasien dibandingkan  alat “robotik” lain yang telah hadir di Indonesia sebelumnya.

Baca juga: Investasi Rp330 Miliar, Bethsaida Hospital Serang Beroperasi 2024

Dengan hasil lebih terukur dari Lexo dan Diego, para dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi akan lebih mudah melakukan, monitoring,  evaluasi pada pasien.

Selain itu, teknologi robotik juga ini berdampak pada perbaikan motorik secara global, kekuatan otot, keseimbangan dan juga koordinasi anggota gerak pasien pasca Stroke dan juga pasien dengan cedera medula spinalis, cedera otak, cedera saraf perifer, Parkinson dan pasca patah tulang.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dari RS Grha Kedoya dr. Ivan Adipurna Chandra, Sp.KFR, FIPM, FNR, AIFO-K, menyampaikan, “Teknologi robotik kini telah dimanfaatkan secara luas untuk membantu berbagai lini kehidupan."

Baca juga: RSIA SamMarie Basra Tawarkan Program Inseminasi Hemat 20% 

"Terapi robotik dinilai mampu mendukung proses rehabilitasi pasien menjadi lebih efektif dan menyenangkan serta fokus pada keamanan pasien.” kata dr. Ivan.

Ia juga menjelaskan terapi robotik dapat melatih pasien dengan gerakan yang konsisten sehingga bisa mempercepat kesembuhan pasien dan mampu melakukan repetisi gerakan dengan baik sehingga melatih pasien bergerak secara lebih efektif.

Terapi robotik yang dimiliki oleh RSGK ini dinilai mampu mendukung proses rehabilitasi ketahap tingkat lanjut, atau lebih advanced yang memberikan hasil lebih baik terapi harus disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi serta tingkat keparahan pasien.

“Konsultasi dengan dokter perlu dilakukan untuk mengetahui jenis rehabilitasi yang efektif membantu kesembuhan penyintas pasien pasca-stroke dan juga pasien dengan cedera medula spinalis, cedera otak, cedera saraf perifer, parkinson dan pasca patah tulang, dan bagi pasien yang mengalami gangguan keseimbangan atau kelemahan otot lainnya," tutur dr. Ivan.

Salah Satu Bentuk Transformasi Layanan Kesehatan

Director RS Grha Kedoya. dr. Henry Andrean, MHS (HA)., MARS  menjelaskan bahwa advaced medical rehabilitation ini menjadi salah satu transformasi layanan yang berbasis teknologi, karena untuk penanganan masalah kesehatan ini diperlukan dukungan ketersediaan alat kesehatan yang aman, bermutu, dan bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan penanganan yang komperhensif.

“Perbedaannya terapi konvensional adalah tingkat evaluasi pasien lebih terukur ketika dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi melakukan monitoring pasien” ujar dr. Henry . 
RS Grha Kedoya

Baca juga: Perluas Layanan, Bethsaida Hospital Buka Rumah Sakit Baru di Serang, Banten

RSGK merupakan sebuah rumah sakit swasta terkemuka di wilayah Jakarta Barat yang telah beroperasi sejak 11 November 2011.

RSGK memiliki cakupan layanan kesehatan berbasis pada layanan Satu Atap dimana konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap hingga paska rawat inap dapat dilakukan di RSGK secara komprehensif.

Layanan unggulan yang dimiliki oleh RSGK adalah Stroke Center, Trauma Center, Cardiovascular Center, Bariatric Surgery.

Dengan adanya Grand Launching RSGK menambahkan satu layanan unggulan baru yaitu Advanced Medical Rehabilitation sejalan dengan program RSGK berhubungan menjadi RS digital, smart di samping program-program digitalisasi lainnya. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat