visitaaponce.com

Mengetahui 4 Manfaat Mengonsumsi Gula Aren

Mengetahui 4 Manfaat Mengonsumsi Gula Aren
Manfaat konsumsi gula aren bagi tubuh(Ist)

GULA aren dan gula pasir memiliki rasa yang sama, yakni manis. Namun keduanya memiliki perbedaan loh, apabila dibandingkan.

Belakangan ini gula aren banyak dipakai untuk menggantikan gula pasir sebagai pemanis baik untuk minuman atau untuk memasak.

Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC menerangkan, jumlah kalori per satu sendok teh gula merah maupun gula putih ternyata sama-sama tinggi. Untuk gula aren, jumlah kalorinya adalah 10 kkal, sedangkan gula pasir 16 kkal.

Baca juga: Ajak Hidup Sehat, Ritel Super Indo Luncurkan Indikator Kandungan Gula

Nah, untuk lebih bisa membandigkannya ada baiknya ketahui dulu yuk perbandingan lainnya mulai dari pengertian, hingga kandungan yang terdapat di dalam gula aren dan juga gula pasir.

Pengertian

Gula pasir atau gula tebu merupakan hasil olahan pangan berupa gula yang berasal dari tanaman
tebu (Saccharum officinarum L). Gula tebu saat ini banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan terutama bahan pangan sebagai pemanis. Hasil olahan gula tebu ini berbagai macam seperti gula kristal, gula cair, pasta gula serta tepung gula. 

Baca juga: Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami

Salah satu, pengaplikasian hasil olahan gula yang saat ini banyak digunakan yaitu tepung gula. Tepung gula dibuat dengan tujuan agar gula lebih mudah larut dan praktis saat di aplikasikan serta tepung gula lebih awet dibanding bentuk olahan gula lainnya karena dibuat dalam tekstur tepung yang memiliki kadar air rendah.

Sedangkan, Gula aren adalah gula yang terbuat dari kristalisasi nira pohon aren atau enau. Gula ini berwarna cokelat sehingga sering disamakan dengan brown sugar, padahal keduanya berbeda. Walaupun sama-sama berwarna coklat, brown sugar adalah gula pasir yang melewati proses molases dan terbuat dari tebu.

Kandungan Gula Tebu/Pasir VS Gula Aren

Berikut ini adalah kandungan gizi yang ada di dalam gula gula pasir adalah sebagai berikut:

1. Kalori: 16
2. Lemak total: 0 gram
3. Sodium: 0%
4. Karbohidrat: 4 gram
5. Gula: 3,9 gram
6. Protein: 0 gram

Sementara itu, kandungan gizi yang ada di dalam gula aren meliputi;

1. Kalori: 375
2. Potasium: 20% kebutuhan harian.
3. Karbohidrat: 33% kebutuhan harian.

Meskipun begitu, jenis gula ini memiliki kandungan mineral dan vitamin dalam jumlah yang sedikit. vitamin A, C, K, dan kalsium.

Manfaat Gula Aren

1. Menjadi sumber energi

Gula aren dan gula pasir sama-sama mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan sumber energi. Namun, kamu perlu berhati-hati jika menderita kencing manis atau diabetes. Hal ini karena kedua jenis gula ini sama-sama memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi.

2. Mendukung kesehatan tulang

Gula aren mengandung sejumlah mineral, mulai dari kalium, kalsium, fosfor, besi, dan natrium. Perlu diketahui, kalium, kalsium, dan fosfor merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang serta gigi, lho.

3. Membantu menangkal efek radikal bebas

Gula aren mengandung vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 memiliki efek antioksidan yang bisa membantu menangkal efek paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel hingga DNA.

Selain itu, sinergi antara riboflavin dengan vitamin B lainnya juga akan membantu proses pertumbuhan sel darah merah.

4. Menurunkan tekanan darah

Gula aren kaya akan kandungan kalium yang berperan penting dalam menjaga kerja jantung dan pembuluh darah, lho. Oleh karena itu, gula aren juga bisa dijadikan opsi pemanis alami bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meski mengandung sejumlah nutrisi sehingga bisa dikatakan lebih sehat, kamu tetap disarankan mengonsumsi gula aren dalam batas yang wajar. Anjuran konsumsi gula harian orang dewasa tidak lebih dari 30 gram atau 7 sendok teh per hari, anak 2–10 tahun berkisar di rentang 19–24 gram atau 4–6 sendok teh per hari.

Manfaat Gula Pasir

Gula pasir dihasilkan dari pengolahan sari tanaman tebu. Tanaman yang penampakannya tinggi seperti bambu itu memiliki banyak kandungan pemanis dari pangkal batang hingga ujung batangnya sehingga paling banyak menjadi bahan baku gula. 

Pengolahan gula pasir kebanyakan menjadi apa yang biasa kita sebut di pasaran sebagai gula pasir atau gula kristal. Warna putihnya bergantung pada proses pengolahan. Gula pasir juga diolah menjadi gula rafinasi atau gula yang digunakan untuk keperluan industri.

Adapun manfaat dari sari terbu sebagai berikut:

1. Rendah Kalori

Segelas sari tebu dengan ukuran 300 mililiter memiliki minimal 111 kalori. Minuman ini juga mengandung gula alami serta mengandung protein dan karbohidrat.

2. Bebas Lemak

Sari tebu mengandung gula alami serta tak memiliki lemak. Mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa membantu mengurangi bobot tubuh kamu.

3. Meningkatkan Metabolisme

Sari tebu bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memenuhi kebutuhan energimu. Tingginya energi dan metabolisme sangat penting ketika kamu ingin menurunkan berat badan.

4. Membantu Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dari minuman sari tebu membuatnya sangat baik untuk meningkatkan pencernaan. Hal ini juga dapat mencegah konstipasi dan memperlancar pencernaan di perut.

5. Baik untuk Kesehatan Hati

Minuman sari tebu sangat baik untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang berhubungan dengan hati. Minuman ini juga mampu menjaga tingkat elektrolit di tubuh karena kandungan alkalin di dalamnya.

6. Mengobati Jerawat

Minuman sari tebu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Minuman ini mengandung asam glikolik yang baik bagi tubuh serta bisa mengurangi masalah pecahnya jerawat.

7. Mengurangi Bau Napas dan Karang Gigi

Minuman sari tebu mengandung sejumlah mineral seperti kalsium dan fosfor yang bisa membantu memperkuat email dan melindunginya dari kerusakan. Minuman ini dapat menghilangkan bau napas yang biasa muncul karena kekurangan nutrisi.

8. Melawan Kanker

Salah satu kandungan paling luar biasa dari minuman tebu ini adalah bisa mencegah sejumlah jenis kanker seperti kanker prostat dan payudara. Kandungan flavanoid pada tebu bisa melawan berkembangnya sel kanker pada tubuh.

Nah, berdasarkan penjelasan diatas gula tebu dengan khasitanya juga menjadi  sumber makanan yang hanya tinggi kalori saja tapi gizinya minim. Berbeda dengan gula aren yang kaya akan mineral yang diperlukan tubuh.

Lalu muncul lagi pertanyaan, apakah gula aren Vs Gula Pasir alias tebu, manakah yang lebih sehat? Kalau dibedah, gula aren ini juga jauh mengungguli gula putih dalam hal nilai glikemik. Nilai glikemik gula aren lebih rendah daripada gula pasir putih biasa.

Gula putih memiliki nilai indeks glikemik (GI) di angka 100, sedangkan gula aren hanya 35. Tingginya nilai glikemik berpengaruh terhadap kenaikan darah seseorang. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat