visitaaponce.com

Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami

Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami 
Ada berbagai cara untuk mengonsumsi buah dan sayuran guna menurunkan gula darah.(Freepik)

MENJAGA kadar gula darah agar tetap normal berbeda untuk tiap orang tergangung kondisi. Kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi apabila ingin menurunkan gula darah agar lebih spesifik memberikan rekomendasi berdasarkan situasi dan kebutuhanmu. 

Seperti yang diketahui, kadar gula darah normal dikenal sebagai gula darah dalam rentang normal. Ini mengacu pada rentang nilai gula darah yang dianggap sehat dan stabil. Nilai ini dapat bervariasi tergantung pada konteks, tetapi nilai umumnya dianggap sebagai berikut:

- Sebelum makan (puasa): 70-100 mg/dL (milligram per deciliter) atau 3.9-5.6 mmol/L (millimol per liter).
- 2 jam setelah makan: Kurang dari 140 mg/dL atau kurang dari 7.8 mmol/L.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Stabilitas Gula Darah untuk Hindari Risiko Diabetes

Batasan nilai normal tekanan gula darah dapat sedikit berbeda di setiap sumber dan juga dapat dipengaruhi oleh faktor seperti usia, kondisi kesehatan, dan kehamilan. Namun, ada beberapa buah dan sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk menurunkan gula darah agar kembali normal.

Beberapa buah dan sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara adalah sebagai berikut:

Baca juga: Gula Darah yang tidak Terkendali Bisa Sebabkan Kerusakan Organ

Apel


Apel adalah salah satu pilihan buah dan sayuran yang bisa Anda coba untuk menurunkan gula darah. Apel mengandung serat larut dan senyawa alami seperti quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah serta mengurangi risiko diabetes. 

Mengonsumsi apel sekitar 30 menit sebelum makan nasi juga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Bayam


Kandungan vitamin A yang tinggi dan sifat antioksidannya menjadikan bayam sebagai pilihan buah dan sayuran untuk menurunkan gula darah. Selain itu, bayam juga rendah karbohidrat, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Brokoli


Brokoli merupakan salah satu buah dan sayuran yang membantu menurunkan gula darah. Kandungan sulforaphane dalam brokoli dapat meningkatkan kerja insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Jambu biji


Jambu biji memiliki manfaat sebagai buah dan sayuran untuk menurunkan gula darah. Aktivitas antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan aktivitas insulin. Oleh karena itu, jambu biji sering digunakan sebagai obat tradisional untuk diabetes melitus.

Jeruk


Jeruk memiliki kandungan naringenin, serat, dan vitamin C yang tinggi, menjadikannya pilihan yang efektif dalam menurunkan gula darah. Jeruk dapat meningkatkan kerja insulin dan mencegah perburukan diabetes.

Alpukat


Alpukat kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, sehingga merupakan pilihan yang baik dalam menurunkan gula darah. Mengonsumsi alpukat juga dapat mencegah sindrom metabolik, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung.

Jeruk bali


Seperti jeruk biasa, jeruk bali juga efektif untuk menurunkan gula darah. Jeruk bali mengandung vitamin C sebagai antioksidan, serat tinggi, dan naringenin yang memiliki sifat antidiabetes.

Kembang kol


Kembang kol kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat menurunkan kadar gula darah. Sayuran ini juga rendah karbohidrat, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah dikonsumsi. Kembang kol juga dapat menjadi alternatif pengganti nasi untuk penderita diabetes.

Stroberi


Stroberi mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat dalam menurunkan gula darah. Stroberi juga dapat meningkatkan kerja insulin dan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Beberapa buah beri lainnya seperti rasberi dan blueberi juga memiliki manfaat yang sama dalam menurunkan dan mengontrol gula darah.

Tomat


Tomat merupakan salah satu opsi buah dan sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan gula darah. Ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dalam tomat yang berfungsi sebagai antioksidan dan terbukti efektif dalam menurunkan gula darah.

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi buah dan sayuran guna menurunkan gula darah. Anda dapat mengonsumsi buah secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau menggunakan sebagai bahan salad. Penting untuk menghindari penambahan gula berlebih dalam olahan buah agar manfaatnya dalam menurunkan gula darah bisa maksimal.

Sementara itu, sayuran yang dapat membantu menurunkan gula darah juga dapat diolah menjadi jus, sup, salad, atau dalam bentuk makanan lainnya. Disarankan untuk menghindari penggorengan sayuran dan penggunaan garam berlebih dalam olahan sayuran.

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari buah dan sayuran dalam menurunkan gula darah, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat yang meliputi rutin berolahraga dan pola makan yang sehat.

Untuk mendapatkan saran mengenai pola makan yang sehat, termasuk porsi dan cara mengolah buah dan sayuran yang tepat untuk menurunkan gula darah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Kontrol rutin dengan dokter juga diperlukan untuk memantau kondisi dan kemajuan pengobatan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat