visitaaponce.com

Gula Darah yang tidak Terkendali Bisa Sebabkan Kerusakan Organ

Gula Darah yang tidak Terkendali Bisa Sebabkan Kerusakan Organ
Ilustrasi(Freepik)

GULA darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh. Hal itu dikatakan Dokter Spesialis Gizi Klinik Mellyana Atmanegara.

"Jadi, memang komplikasi dari pada diabetes itu ketika dia tidak terkontrol gula darahnya. Hal ini bisa merusak organ seperti ginjal, gigi, mulut, dan jantung," kata Mellyana, dikutip Sabtu (15/4).

Menurut Mellyana, seharusnya orang dengan diabetes tetap menjaga gula darahnya terkontrol. Biasanya diabetes ada yang bersifat tanpa gejala.

Baca juga: 30 Persen Pengidap Diabetes Berisiko Alami Gangguan Mata

"Karena dia (diabetes) sebenarnya sudah menggerogoti dalam tubuh. Kalau dia tidak terkontrol akan tertimbun di pembuluh darah dan jika tidak berubah menjadi energi, maka dia akan merusak organ-organ dalam tubuh," terangnya.

Ia menyebut diabetes terbagi menjadi dua jenis yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Meskipun memiliki gejala yang sama, ada perbedaan di antara keduanya, baik itu penyebab maupun pengobatannya.

"Untuk diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada anak dan remaja. Jadi insulinnya betul-betul tidak berfungsi, jadi dia harus menggunakan insulin sebagai terapi," ujar Mellyana.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan Pasien Diabetes Saat Berpuasa Agar tidak Terjadi Komplikasi

Sementara, diabetes tipe 2 sering terjadi pada orang dewasa dengan perilaku tidak sehat sehingga terkena diabetes.

"Pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap hormon insulin, meskipun produksi dan kadar hormon insulin normal," katanya.

Mellyana menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan gula orang dengan diabetes, pastinya tidak dengan gula sederhana, seperti karbohidrat.

"Sederhana itu biasanya kita kenal dengan karbohidrat. Sebaiknya menggunakan karbohidrat kompleks. Itu mengandung serat yang tinggi, lebih lama dicerna, dan bisa mengontrol kadar gula darah orang diabetes supaya dia dalam keadaan baik," pungkas Mellyana. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat