visitaaponce.com

30 Persen Pengidap Diabetes Berisiko Alami Gangguan Mata

30 Persen Pengidap Diabetes Berisiko Alami Gangguan Mata
Dokter memeriksa kesehatan mata pasien di Markas PMI Banyuwangi, Jawa Timur.(ANTARA/Budi Candra Setya)

SEBANYAK 30% pengidap diabetes berisiko mengalami gangguan mata setelah mengidap penyakit itu selama lima tahun. Hal itu dikatakan Dokter Spesialis Mata (Optamologis) Rova Virgana.

"Berdasarkan data, 30% penderita diabetes berisiko terkena gangguan pada mata setelah lima tahun mengidap diabetes," kata Rova dalam diskusi mengenai komplikasi diabetes pada mata yang diikuti secara daring, Jumat (14/4).

Rova menambahkan risiko gangguan mata pada pengidap diabetes akan meningkat menjadi 80% jika seseorang telah mengidap diabetes selama lebih dari sepuluh tahun.

Baca juga: Batasi Minum Kopi Jika Anda Berisiko Glaukoma

Dia menjelaskan gangguan tersebut terjadi secara bertahap karena diabetes menyerang pembuluh darah yang ada pada mata secara bertahap.

"Diabetes menyerang pembuluh darah, di mata juga terdapat pembuluh darah. Di awal mungkin tidak terasa namun kalau tidak diantisipasi bisa kecolongan," kata dokter yang praktik di RS Mata Cicendo Bandung, Jawa Barat itu.

Dia mengatakan banyak pasien yang kecolongan karena tiba-tiba merasa matanya seperti tidak enak melihat, silau atau berkabut, ukuran kacamata berubah-ubah, dan penglihatan menjadi buram serta berubah bentuk.

Baca juga: Curiga Kena Glaukoma? Ini yang Harus Anda Lakukan

"Ternyata setelah diselidiki pasien juga memiliki penyakit diabetes, kalau begini kita bisa katakan mereka kecolongan," tambahnya.

Menurutnya, gangguan pada mata sudah pasti dimiliki para pengidap diabetes, namun tidak dengan keluhannya karena keluhan baru terasa jika gangguan pada mata sudah parah.

Terdapat beberapa gangguan di antaranya adalah Retinopati diabetik. Gangguan tersebut diawali dengan adanya penyumbatan pada pembuluh darah di bagian mata yang diakibatkan oleh gula darah yang tidak terkontrol.

Jika gangguan tersebut bertambah parah, dampaknya akan mengakibatkan mata memiliki pembuluh darah baru, namun pembuluh darah tersebut lebih rentan sehingga berisiko untuk pecah dan bisa mengakibatkan kebutaan, tambah dia.

Rova menyebut diabetes bisa mengakibatkan komplikasi gangguan pada mata, maka begitu didiagnosa mengidap diabetes segera periksa ke dokter mata dan jelaskan jika memiliki penyakit diabetes.

"Diabetes itu obatnya jamu gendong (jaga mulut dan gerak dong) dan tetap bersemangat. Pasti ada hikmah di balik semua ini," pungkas Rova. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat