visitaaponce.com

Pentingnya Menjaga Stabilitas Gula Darah untuk Hindari Risiko Diabetes

Pentingnya Menjaga Stabilitas Gula Darah untuk Hindari Risiko Diabetes
ilustrasi: alat pengikut gula darah(unsplash.com/kate)

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin dengan baik, sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Pada penderita diabetes yang pankreasnya tidak bisa memproduksi insulin, mengakibatkan sel-sel tubuhnya tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Hal itulah yang membuat glukosa menjadi menumpuk di dalam darah.

Secara umum, diabetes dibedakan menjadi 2 tipe, yang pertama adalah diabetes autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Kemudian tipe yang kedua adalah jenis diabetes yang banyak terjadi yaitu resistensi insulin, dimana sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak bisa digunakan dengan baik.

Banyak dampak diabetes yang bisa mempengaruhi berbagai bagian tubuh dan memicu berbagai masalah kesehatan yang serius. Salah satu bahaya diabetes adalah kerusakan pada saraf atau neuropati. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah tinggi merusak saraf, yang dapat menyebabkan kebas, mati rasa, dan rasa sakit pada kaki dan tangan.

Pada beberapa kasus yang parah, neuropati dapat menyebabkan luka yang sulit sembuh dan bahkan amputasi. Tidak hanya itu saja, diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata atau retinopati. Kerusakan pada mata ini terjadi ketika kadar gula darah tinggi merusak pembuluh darah di retina mata, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur atau bahkan kebutaan.

Meskipun demikian, kondisi ini dapat dicegah dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, diabetes juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Untuk mencegah bahaya diabetes, penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Salah satuny adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Menurut WHO diabetes dapat diobati dan konsekuensinya dihindari atau ditunda dengan diet, aktivitas fisik, obat-obatan dan pemeriksaan rutin.

Selain berolahraga, mengonsumsi suplemen yang mampu menjaga stabilitas gula darah juga penting. Salah satunya, Spirulife. Suplemen produksi PT Alga Bioteknologi Indonesia (Albitec) ini terbuat dari mikroalga spirulina, yang terbukti dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga mengurangi risiko diabetes.

Spirulina adalah ganggang hijau-biru yang kaya akan nutrisi, termasuk protein, vitamin, dan mineral. Sementara chromium adalah mineral penting yang membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efektif.

Falasifah, Direktur Albitec menyatakan mekanisme penstabilan gula darah  dengan suplementasi spirulina menjadi alternatif untuk mengontrol tekanan darah sistolik, kadar glukosa darah, dan kadar trigliserida sehingga menstabilkan kondisi tubuh dari gula darah dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. “Spirulife juga dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.” (RO/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat