visitaaponce.com

Dinilai Tidak Efektif, Daerah Minta Pusat Evaluasi Program Restorasi Gambut

Dinilai Tidak Efektif, Daerah Minta Pusat Evaluasi Program Restorasi Gambut
Sumur bor di Desa Pangkoh Sari, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.(Antara)

GUBERNUR Kalimantan Barat Sutarmidji meminta agar pemerintah pusat mengevaluasi upaya restorasi gambut yang kini tengah berjalan. Dia menilai, ada beberapa upaya yang justru tidak efektif.

Salah satu yang dikritisinya ialah pembuatan sumur bor. Sutarmidji menyebut kadangkala sumur bor yang dipasang di area lahan gambut justru tidak berfungsi. Pasalnya, sumur bor dipasang terlalu jauh dari area gambut.

"Jadi saat terjadi kebakaran di gambut, itu perlu air yang banyak. Dan karena sumber air dari gambut itu jauh, akhirnya harus diapasang sumur bor. Tapi sumurnya kadang dipasang asal saja, jauh dari gambut," kata Sutarmidji dalam Forum Merdeka Barat 9, Senin (19/6).

Baca juga : Lahan Gambut di Kalsel Terus Terbakar

Selain itu pembangunan sekat kanal juga dinilainya sering dilakukan secara asal, yakni hanya dibangun tidak sesuai dengan ketinggian gambut.

"Lahan gambut kan ada yang tebalnya 13 sampai 14 meter. Kalau sekat kanalnya hanya dibangun 2 meter sampai 3 meter, ya gak ada manfaatnya. Air kan menyerap ke gambut yang lebih bawah," ucap dia.

Baca juga : Banyak Gagal, Proyek BRGM sejak 2017 Perlu Dievaluasi

Dia menilai, semestinya upaya restorasi gambut dilakukan dengan melakukan solusi jangka panjang. Misalnya menanam tanaman di area gambut dengan melibatkan masyarakat sekitar. Hal itu sudah dilakukan di Singkawang dan terbukti membuahkan hasil.

"Di Singkawang itu ada tanaman talas yang beratnya sampai 7 kilogram. Itu ditanam di lahan gambut yang usianya 7 sampai 8 bulan. Pasti lahan itu mereka jaga, kan," tegas dia.

Selain itu, di Pontianak juga ada yang dinamakan Terminal Agribisnis, yakni tanaman pangan yang ditanam di atas lahan gambut seluas 800 hektare. Setiap hektarenya, bisa menghasilkan sebanyak 18 ton sayur.

"Tapi jelas, pascapanennya harus dipikirkan juga. Bagaimana membuat pabrik tepung talas lalu bagaimana pasarnya, itu harus terencana," ucap dia.

"Jika lahan gambut dikelola dengan terencana seperti ini, ancaman El Nino bisa kita cegah. Dan tentunya dibarengi dengan penegakan hukum yang kuat," pugkas dia. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat