visitaaponce.com

Menag Sebut Saudi Beri Kabar Menenangkan bagi Jemaah Haji

Menag Sebut Saudi Beri Kabar Menenangkan bagi Jemaah Haji
Jemaah Haji antri masuk Raudhah(Dok. MCH 2023)

ADA kabar yang menenangkan terkait penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023. Pemerintah Arab Saudi memberikan sejumlah kemudahan kepada seluruh jemaah haji, termasuk Indonesia.

Hal itu dikemukakan Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas seusai menghadiri Simposium Haji 2023 yang mengusung tema Fiqih Attaisir Filhajj atau Fiqih Kemudahan dalam Ibadah Haji'di Hotel Ritz Carlton, Jeddah, Arab Saudi, Selasa (20/6).

"Intinya sih menenangkan, karena pemerintah Kerajaan Saudi Arabia ini sudah membuat inovasi-inovasi yang memudahkan jemaah termasuk ketika yang paling krusial itu kan sebenarnya di Arafah, Muzdalifah, Mina, dan di Madinah ketika jemaah kita mau masuk raudhah," ujar menteri yang akrab disapa Gus Men ini.

Baca juga : 400-an Petugas Orientasi Pemetaan Wilayah Mina

Inovasi yang memudahkan itu sangat bermanfaat bagi jemaah haji Indonesia yang tahun ini sepertiganya masuk kategori lanjut usia (lansia). Ini juga merupakan tahun pertama Indonesia kembali mendapatkan kuota penuh dan kuota tambahan pascapandemi covid-19.

Menurut Menag, pemerintah Arab Saudi telah melakukan sejumlah terobosan dan inovasi berbasis teknologi informasi yang memudahkan para jemaah haji mengakses ziarah. Salah satunya lewat tasrih dan aplikasi Nusuk yang memudahkan seluruh jemaah bisa masuk ke raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, dengan tertib.

Baca juga : PPIH Kembali Ingatkan Jemaah untuk Tidak Selfie Berlebihan di Masjidil Haram

Pemerintah Saudi juga memberikan fasilitas sejumlah mobil golf yang bisa digunakan untuk membantu mobilitas jemaah saat pelaksanaan lempar jumrah. Mobil golf ini nantinya akan diprioritaskan untuk jemaah lansia yang maktab atau tendanya di Mina berada jauh dari tempat lempar jumrah atau jamarat.

"Alhamdulillah untuk jemaah kita yang maktabnya nanti di Mina relatif sangat jauh kita mendapat tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu jemaah kita sampai titik terdekat dengan jamarat. Ini sangat membantu, dan kita terus berupaya agar jumlahnya terus ditambah," ucap Gus Men.

Tambahan fasilitas berupa mobil golf memang diusulkan oleh Kementerian Agama berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. Seiring jarak tempuh yang cukup jauh dari tenda di Mina menuju jamarat, diperlukan sarana transportasi agar jemaah tidak terlalu kelelahan. Mobil golf juga akan sangat berguna dalam mempercepat proses evakuasi.

"Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji agar disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jemaah haji kita. Infonya tahun ini dipenuhi. Ada 15 mobil golf yang disiapkan," ucap Yaqut.

Untuk membantu mobitilas jemaah haji, terutama lansia, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga telah menyiapkan ratusan kursi roda yang akan digunakan saat puncak haji di Armuzna. Kursi roda ini juga digunakan untuk mobilitas jemaah di area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Nantinya selain mobil golf, tenda jemaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan toilet. Setiap Maktab, disiapkan toilet dengan 10 pintu. Ini akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.

“Hari ini kita cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jemaah,” ucap Gus Men menandaskan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat