visitaaponce.com

Menag Ingin Mobil Golf Antar Jemaah Haji Lansia Lempar Jumrah

Menag Ingin Mobil Golf Antar Jemaah Haji Lansia Lempar Jumrah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan pelaksanaan ibadh haji di Arafah.(MCH 2023)

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bantuan mobil-mobil golf yang akan ditempatkan di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina), dalam prosesi puncak ibadah haji akan memberikan kecepatan dalam upaya menolong jemaah.

"Mobil golf disediakan di sini untuk terus melakukan patroli. Mungkin ada jemaah yang butuh pertolongan atau tercecer di mana, ini akan memberikan akses cepat untuk menolong mereka," ujar Yaqut saat meninjau kesiapan fasilitas tenda jemaah haji Indonesia di Arafah, Arab Saudi, Selasa (20/6) sore.

Selain untuk patroli, pria yang akrab disapa Gus Men itu juga ingin mobil golf di Mina digunakan untuk mengantar jemaah lanjut usia (lansia) ke dekat lokasi melempar jumrah. Langkah itu diperlukan untuk meringankan mereka karena jarak dari tenda yang cukup jauh, bahkan mencapai 7 km.

Baca juga: Permudah Mobilisasi Jemaah, Indonesia Dapat Tambahan Fasilitas Mobil Golf Dari Arab Saudi

"Ya tidak mungkin sampai jamarat tapi setidaknya di titik paling dekat dengan jamarat terutama untuk jemaah lansia," tutur Gus Men.

Ia mengungkapkan jumlah mobil golf yang tersedia di Armina sebanyak 65 unit. Mobil tersebut disiapkan pihak Masyariq.

Baca juga: Menag Minta Secepatnya Sajikan Bubur Kacang Hijau untuk Jemaah Haji

Masyariq atau Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company adalah perusahaan pelayanan haji dan umrah yang bermarkas di Mekkah, Arab Saudi. Perusahaan tersebut menyediakan layanan bagi jemaah haji ketika di Armina.

Masyariq merupakan pengembangan bentuk kelembagaan dari muasasah. Sebelum 2022, penyedia layanan bagi jemaah haji Indonesia di Armina dikenal dengan nama Muasasah Asia Tenggara (Muasasah Janub Syarq Asia). Saat itu, pelayanannya terbatas kepada negara-negara Asia Tenggara.

Setelah menjadi perusahaan, namanya berubah menjadi Masyariq dan layanannya lebih luas, tidak terbatas untuk negara-negara Asia Tenggara tapi juga bisa untuk kawasan lainnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat