visitaaponce.com

DKM Nursiah Daud Paloh Kurangi Sampah Plastik Sekali Pakai saat Pembagian Daging Kurban

DKM Nursiah Daud Paloh Kurangi Sampah Plastik Sekali Pakai saat Pembagian Daging Kurban
Penggunaan wadah thin wall menjadi pilihan DKM Nursiah Daud Paloh agar daging tetap higienis dan tidak ada kantong plastik sekali pakai.(MI/Adam Dwi)

DEWAN Kemakmuran Masjid (DKM) Nursiah Daud Paloh melanjutkan tren mengurangi sampah plastik sekali pakai dalam pembagian daging kurban. DKM memutuskan tetap menggunakan wadah thin wall, yang bisa digunakan berkali-kali oleh masyarakat.

"Kita akan kemas dengan sedemikian rupa tidak dengan kantong plastik sekali pakai, tapi kita pakai dengan kantong ramah lingkungan," kata Ketua DKM Nursiah Daud Paloh, Ade Alawi setelah salat Id di Komplek Media Grup, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis (29/6).

Diketahui tahun ini Masjid Nursiah Daud Paloh menyembelih 10 ekor sapi dan 8 ekor kambing, yang akan diberikan kepada 1.812 mustahiq (penerima zakat) di sekitar Kedoya Jakarta Barat.

Baca juga: Masjid Nursiah Daud Paloh Bagikan 1.800 Daging Kurban ke Masyarakat

Penggunaan thin wall, kata Ade, lebih higienis dan tidak ada sampah plastik. Selain itu wadah bisa digunakan berulang. 

"Masih melanjutkan kita beri thin wall dan dikasih stiker. Tujuannya adalah agar begitu menerima daging kurban selanjutnya wadahnya masih bisa digunakan di rumah jadi ada manfaatnya ini bagian dari kita bertindak agar tidak mubadzir karena kalau plastik sekali pakai kan langsung dibuang jadi tidak bisa dimanfaatkan lagi," ujar Direktur pemberitaan Media Indonesia itu.

Baca juga: PLN Pastikan Layanan dan Pasokan Listrik Nasional Aman saat Idul Adha

"Kedua, biar lebih rapih karena bisa tertutup rapat sehingga daging tidak terkontaminasi setelah dipotong atau lebih higenis itu yang menjadi pertimbangan," tambahnya.

Diketahui WALHI Nasional menyebut puluhan tahun terakhir, penggunaan kantong plastik sekali pakai sebagai pembungkus daging kurban menimbulkan polusi plastik yang cukup signifikan. Secara nasional, sampah plastik telah mencapai 18 persen kontribusi sampah nasional atau sekitar 12 juta ton sampah per tahun. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat