visitaaponce.com

Masjid Nursiah Daud Paloh Bagikan 1.800 Daging Kurban ke Masyarakat

Masjid Nursiah Daud Paloh Bagikan 1.800 Daging Kurban ke Masyarakat
Ketua DKM Nursiah Daud Paloh, Ade Alawi (ketiga dari kanan) saat menyerahkan hewan kurban.(MI/M. Iqbal Al Machmudi)

PADA tahun ini, Masjid Nursiah Daud Paloh menyembelih 10 ekor sapi dan 8 ekor kambing yang akan diberikan kepada 1.800 mustahiq (penerima zakat) di sekitar Kedoya, Jakarta Barat.

"Kami akan bagikan kepada 1.800 mustahiq dan distribusinya adalah sebagian besar di sekitar Kedoya dan ada juga sapi hidup yang kami kirimkan ke luar ke majelis ta'lim, yatim piatu, dan kaum dhuafa di Bogor," kata Ketua DKM Nursiah Daud Paloh, Ade Alawi, setelah salat Id di Komplek Media Grup, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis (29/6).

Shohibul kurban atau orang yang melaksanakan ibadah kurban salah satunya adalah Chairman Media Grup Surya Paloh yang mengurbankan 1 ekor sapi berbobot 1 ton. Kemudian ada juga dari manajemen dan karyawan Media Grup.

Baca juga: Warga DKI Diingatkan tidak Buang Limbah Kurban Sembarangan

"Intinya adalah yang telah sampaikan amanah kepada kami untuk kami sembelih dan distribusikan kepada yang berhak," kata Ade.

Perayaan Idul Adha kali ini bisa jadi momentum untuk meningkatkan atau menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan kedermawanan sesama manusia.

Penyelenggaraan Idul Adha di Komplek Masjid Nursiah Daud Paloh Jakarta Barat diimami oleh Ustaz Maulana Dwi Saputra, yang juga anggota Divisi Dakwah DKM Nursiah Daud Paloh, kemudian khotbah Id oleh Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Suparto. Adapun tema yang diusung yakni 'Tumbuhkan Jiwa Kemanusiaan dan Kedermawanan'.

Baca juga: Inilah 20 Resep Olahan Daging yang Wajib dicoba

"Tema tersebut mengambil spirit Idul Adha yakni pengorbanan seperti kisah Nabi Ibrahim yang memiliki jiwa sosial dan berkorban untuk kepentingan ummat," ujarnya.

Ia juga menyampaikan pengorbanan ini juga bisa diaplikasikan dalam berpolitik, dalam arti seseorang bisa membuang ego sektoral dan kelompok untuk membangun bangsa.

"Semangat pengorbanan jangan korbankan lawan politik tapi korban kan diri kita untuk masyarakat. Kita membuang ego sektoral ke kelompokan kita yang perlu disampaikan pada tema Idul Adha kita," tuturnya.

Di kesempatan yang sama Pemimpin Redaksi (Pemred) Metro TV Budiyanto menyebutkan Hari Raya Idul Adha bisa mewujudkan rasa keimanan ketika berkurban.

"Hari ini memberikan perwujudan rasa kita untuk menunjukkan keimanan bagaimana kita berkurban. Mewakili manajemen Media Grup untuk disampaikan ke Masjid Nursiah Daud Paloh yang diharapkan bermanfaat dan kepada masyarakat dan tokoh masyarakat," katanya.

"Hewan kurban kami terima dan kami distribusikan dengan kurban ini menguatkan ketakwaan dan keimanan spirit bagaimana kita bisa bermanfaat kepada yang lain," pungkasnya.

Idul Adha tahun ini terasa sangat spesial karena di bulan yang sama Presiden RI Joko Widodo mengumumkan Indonesia sudah memasuki fase endemi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat