visitaaponce.com

Kepulangan Jemaah Dimulai 4 Juli, Ini Doa Setelah Pulang Haji

Kepulangan Jemaah Dimulai 4 Juli, Ini Doa Setelah Pulang Haji
Jemaah haji dijadwalkan pulang mulai Selasa (4/7).(MCH 2023)

JEMAAH haji dijadwalkan pulang mulai 4 Juli 2023. Rasa syukur akan dipanjatkan para jemaah haji beserta keluarga dan kerabat begitu mendengar kabar pesawat yang membawa mereka telah mendarat dengan selamat di debarkasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Rasa syukur tersebut bisa berbentuk dalam sebuah doa. Doa adalah persoalan harapan baik, artinya orang bisa mendoakan kebaikan untuk diri sendiri sekaligus orang lain tanpa harus didasari oleh dalil.

Selama diyakini bahwa doa-doa baik akan dikabulkan oleh Allah SWT, maka siapapun bisa memanjatkan harapan termasuk untuk jamaah pulang umroh.

Baca juga: Kepulangan Dimulai 4 Juli, Jemaah Haji Dilarang Bawa Zamzam

Ada sebuah hadis yang menyebutkan bahwa doa bermanfaat memberikan kebaikan bagi kehidupan. Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Muadz radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

"Sesungguhnya doa itu bermanfaat (memberi kebaikan) untuk yang sudah turun (terjadi) dan yang belum terjadi. Karena itu, perbanyaklah berdoa, wahai hamba Allah" (HR. Ahmad 22044, Tirmudzi 3548 dan dihasankan al-Albani).

Lantas bagaimana lafal bacaan doa pulang umroh tersebut? Berikut adalah lafal bacaan doa pulang umroh lengkap bahasa arab, latin dan terjemahnya.

Doa Ketika Pulang Haji atau Umroh

Versi Pertama

Arab :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Latin:

Bismilla hirrahmaa nirrahiim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin. Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyarata qabri nabiyyika muhammadin shallallahu alaihi wa sallam.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagiNya, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah shalawat, salam serta berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, melalui shalawat itu dapat menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad SAW.”

Versi Kedua

Arab:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

Latin:

Allahummaj ‘al hajjanaa hajjan mab ruro, wa‘umrotana ‘umrotan mab ruro, wasa’ yana sa’yan masykuuro, wadzambanaa dzanban maghfuuro, wa ‘amalanaa ‘amalan sholihan maqbuula, watijaa rotanaa tijaa rotan lan tabuur, yaa ‘aalima maa fis shuduur, akhrij’ naa mina dzulumaati ilannnuur.

Artinya:

Ya Allah jadikanlah kami haji yang mabrur. umroh kami yang mabrur, sa’i kami yang disyukuri. dosa kami yang engkau ampuni. Amal shaleh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya.”

Versi Tiga

Arab: 

للهم سَهِّلْ أُمُوْرَنَاوَحَصِّلْ مَقَاصِدَنَاوَبَلِّغْنَا إِلَيْكَ يَا اَللهُ. اللهم اجْمَعْنَاجَمْعًامَرْحُوْمًا اللهم إِنَّانَسْئَلُكَ النِّعْمَةَوَالرَّحْمَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَة

Latin:

Allahummasahhil umuuronawahasshil maqooshidanawaballignaa ilaika yaAllah. Allahummaj ma’ jam’an marhuuma. Allahumma inna nas-alukanni’mata warrohmata waqusnal khotimah.

Artinya:

“Mudahkanlah Ya Allah segala urusan kami. Kabulkanlah segala keinginan kami, dan sampaikanlah kami kehadiratMu. Ya Allah kumpulkan kami bersama mereka orang-orang yang mendapatkan rahmat-Mu. Kami mohon Ya Allah kepada-Mu nikmat, rahmat dan juga akhir yang baik.”

Versi Empat

Arab:

رَبَّنَااَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَاعَذَابَ النَّاِر. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Latin: 

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa 'adzaa bannaar. Walhamdulillahi robbil 'alamin.

Artinya: 

Ya Tuhan kami, berkahilah kami kebaikan di dunia juga di akhirat, serta jauhkan kamu dari siksaan api neraka. Dan segaja puju milik Allah.

Itu dia doa pulang haji dan umroh yang akan diamalkan oleh seorang jamaah ketika pulang umroh kepada sanak saudaranya yang datang mengunjungi. Insya Allah akan ada banyak keutamaan dan keberkahan di balik doa tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat