visitaaponce.com

Menag Minta Kuota Petugas Haji Tahun Depan Ditambah

Menag Minta Kuota Petugas Haji Tahun Depan Ditambah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas(Antara)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan kuota petugas haji untuk tahun depan akan lebih banyak dari tahun ini. Penambahan tersebut dilakukan karena proporsi antara petugas dan jemaah saat ini masih tidak seimbang.

Yaqut menggambarkan, sebagai perbandingan, satu petugas harus menangani 50 jemaah haji. Hal tersebut tentu membuat penyelenggaraan haji menjadi tidak maksimal. Meski petugas telah tersebar di berbagai tempat, seperti Daerah Kerja Bandara, Makkah, dan Madinah, hambatan-hambatan masih tidak terhindarkan.

"Kemarin ketika ketemu dengan Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq Al Rabuah, saya sampaikan bahwa kuota petugas yang diberikan kepada Indonesia ini masih jauh dari ideal. Sehingga perlu ditambah," ujar Yaqut di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (6/7).

Baca juga: Menag: Ibadah Haji Tahun Depan Tetap tidak Ada Kuota Pendamping

Karena perbandingan yang tidak seimbang, beban kerja petugas juga sangat berat. Tidak sedikit petugas yang mengerjakan hal-hal di luar tanggung jawab mereka.

"Misalnya, saya lihat beberapa teman-teman media di Mina harus menggendong jemaah. Saya kira ini masih kita negosiasikan agar ke depan petugas itu diberikan tidak berdasarkan proporsi, tapi berdasarkan pada kebutuhan," tuturnya.

Baca juga: BPKH Sambut Baik Langkah Cepat Arab Saudi Umumkan Kuota Haji 2024

Saat ini, penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M sudah sampai pada fase akhir, yakni pemulangan jemaah ke Tanah Air. Kementerian Agama pun bersiap menyongsong penyelenggaraan haji 1445 H/2024 M.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga sudah menetapkan kuota haji Indonesia tahun depan sebesar 221.000 jemaah. Bersamaan itu, telah diumumkan tahapan persiapan, mulai 16 September 2023. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat