visitaaponce.com

Simak Tiga Tanda Kemabruran Haji

Simak Tiga Tanda Kemabruran Haji
Ilustrasi(AFP/Sajjad Hussain)

MENAJDI haji mabrur adalah orientasi utama dari seluruh proses haji seorang muslim. Terdapat tiga tanda kemabruran seorang yang telah menunaikan ibadah haji. Apa saja itu?

"Pertama, menghiasi diri dengan amal kebaikan," ujar juru bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin, Jumat (14/7).

Hal itu katanya, sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 177. Disebutkan ada enam jenis amal kebaikan. Barangsiapa yang menyempurnakan enam amal ini, maka dia telah menyempurnakan kebaikan.

Baca juga : 64.149 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Sepertiga dari yang Diberangkatkan

Keenam amal kebaikan itu terdiri dari iman kepada Allah, hari akhir, malaikat, kitab, dan nabi, menginfakkan harta yang ia cintai kepada kerabat, anak yatim, orang miskin, ibn sabil, dan peminta-minta, menegakkan salat, mengeluarkan zakat, memenuhi janji, dan sabar atas ujian kemiskinan dan kesulitan

Sebagai tanda kemabruran yang kedua, jelas Akhmad, orang tersebut berkontribusi dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

"Kemabruran haji seorang Muslim terwujud dalam kepeduliannya dan ringan membantu sesama, menebar salam dan menjadi jalan terwujudnya kedamaian, serta bertutur kata dan berucap yang baik,” kata Fauzin.

Baca juga : Jelang Closing Date Haji, 203.512 Jemaah Telah Tiba di Tanah Suci

Adapun tanda kemabruran ketiga, lanjut Fauzin, orang tersebut menjadi teladan dalam kehidupan masyarakat.

Menurutnya, mabrur hajinya seorang Muslim terwujud dengan memiliki komitmen menjaga keharmonisan hidup di tengah masyarakat, mengaktualisasikan kepatuhan, seperti kepatuhan menjaga larangan ihram.

“Dan menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga dan masyarakatnya, dan mempertahankan integritas moral yang telah diperoleh selama haji dan diamalkan sepanjang hayat,” ujarnya. (Z-4)

Baca juga : Puncak Haji Dimulai 26 Juni 2023, PPIH Bentuk Tiga Satgas

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat