visitaaponce.com

Urutan Kabel Straight LAN untuk Komputer

Urutan Kabel Straight LAN untuk Komputer
Ilustrasi kabel LAN koneksi internet(Ist)

JARINGAN Local Area Network (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang terbatas pada area geografis yang relatif kecil, seperti gedung, kampus, atau kantor. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer, seperti komputer pribadi, laptop, printer, dan perangkat lainnya, agar dapat saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti file, printer, dan koneksi internet.

Jaringan LAN biasanya menggunakan kabel sebagai media penghubung antar perangkat, seperti kabel Ethernet, dan sering kali menggunakan teknologi komunikasi yang cepat seperti Ethernet atau Wi-Fi. Jaringan LAN juga dapat dilengkapi dengan perangkat jaringan seperti switch atau router yang bertugas mengatur aliran data antar perangkat.

Salah satu kabel yang populer dalam jaringan adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dengan model Twisted Pair. Kabel UTP digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan dengan komputer.

Baca juga: Untuk Hasilkan Suara Jernih, Mikrofon Nirkabel Didukung Teknologi Peredam Bising

Kabel UTP memiliki variasi warna yang berbeda dan urutannya adalah sebagai berikut:

1.    Putih orange
2.    Orange
3.    Putih biru
4.    Biru
5.    Putih hijau
6.    Hijau
7.    Putih coklat
8.    Coklat

Baca juga: Nahkoda Pertanyakan Fakta Kesalahannya pada Kasus Putusnya Kabel Optik Bawah Laut di Jambi

Untuk menggunakan kabel UTP, Anda perlu menyambungkan ujung kabel dengan konektor RJ-45. Dalam dunia komputer dan jaringan, kabel UTP umumnya digunakan dalam dua jenis, yaitu straight dan cross.

Kabel straight dan cross digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, router, dan switch dalam jaringan. Kabel straight adalah jenis kabel yang memiliki susunan yang sama antara ujung satu dengan ujung lainnya.

Kabel straight biasanya digunakan saat menghubungkan perangkat yang berbeda. Kabel straight ini banyak digunakan karena fungsinya yang penting. Jika diartikan, straight berarti lurus, yang berarti urutan warna pada ujung satu dan ujung lainnya sama.

Cara paling mudah untuk membedakan kabel straight dan crossover adalah dengan melihat urutan warnanya yakni pada kabel cross, beberapa urutan warna pada kabel straight akan dibalik.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah kabel straight digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda, sementara kabel cross digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat