visitaaponce.com

PPIH Kirim 90 Ribu Galon Air Zam Zam Tambahan, Tiap Jemaah Dapat 10 Liter

PPIH Kirim 90 Ribu Galon Air Zam Zam Tambahan, Tiap Jemaah Dapat 10 Liter
Temuan air zam zam dikeluarkan dari koper-koper jemaah haji saat hendak pulang ke Tanah Air.(Dok. MCH 2023)

JEMAAH haji tahun ini akan mendapatkan air zam zam 10 liter. Namun, jemaah diminta bersabar karena air zam zam yang diterima di embarkasi baru 5 liter.

Sebanyak lima liter tambahannya akan disusulkan dan diserahkan ke jemaah di kantor wilayah Kementerian Agama kabupaten/kota. Air zamz am tambahan itu pun tidak langsung tersedia bagi jemaah-jemaah yang sudah tiba di Tanah Air.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 baru mengirim 90 ribu galon air zam zam untuk memenuhi hak tambahan itu.

Baca juga : Hari ke-52, Jumlah Jemaah Haji Wafat Mencapai 616 Orang

"Mulai hari ini sudah kita kirim air zam zam untuk jemaah gelombang satu. Tentunya ini masih kurang dan akan didistribusikan terus hingga nanti jemaah memiliki 10 liter zam zam per orang," kata Kepala Daerah Kerja Bandara  PPIH Arab Saudi Haryanto di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA), Jeddah, Kamis (13/7) malam.

Air zamzam tersebut sudah dikirim melalui Bandara KAA. Untuk pembagiannya di Tanah Air, secara teknis diserahkan kepada embarkasi jemaah.

Baca juga : 64.149 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Sepertiga dari yang Diberangkatkan

"Tentunya nanti akan diberitahukan kepada jemaah setelah tiba di Tanah Air," ucapnya.

Untuk pengambilan tambahan 5 liter air zamzam, jemaah atau perwakilannya harus menunjukkan paspor di kantor wilayah Kemenag kabupaten/kota asal jemaah. 

Haryanto meminta jemaah bersabar untuk mendapatkan tambahan 5 liter air zamzam, karena masih dalam proses pendistribusian. Ia menjamin seluruh jemaah akan mendapatkan tambahan 5 liter air zamzam tersebut.

Di tempat yang sama, Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat mengungkapkan, jemaah haji gelombang pertama yang sudah tiba di Tanah Air hingga Kamis malam sebanyak 62.615 jemaah dari 165 kloter.

Adapun berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, hingga Jumat (14/7), pukul 14.45 Waktu Arab Saudi, jemaah yang sudah pulang ke Tanah Air sebanyak 64.800 jemaah dari 171 kloter.

Semuanya merupakan jemaah haji gelombang satu yang pulang dari Bandara Jeddah. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat