visitaaponce.com

Kaloka Hadirkan Wastra dari Karo di Jakarta Food and Fashion Festival 2023

Kaloka Hadirkan Wastra dari Karo di Jakarta Food and Fashion Festival 2023
Penampilan perdana Kaloka di runaway Jakarta Food and Fashion Festival (JF3) 2023 di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta.(Ist)

PENAMPILAN perdana Kaloka di runaway Jakarta Food and Fashion Festival (JF3) 2023 di Summarecon Mall Kelapa Gading mencuri perhatian penikmat dan pelaku bisnis fesyen.

"Kaloka hadir dengan koleksi eksklusif yang mengangkat wastra daerah Karo, Sumatera Utara, dengan sentuhan modern," ujar salah satu pendiri Kaloka Kevin Ketaren, di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (22/7).

Baca juga: Jenama Fesyen Lokal Ini Kedepankan Kearifan Lokal dan Pelestarian Lingkungan di Tanah Dayak

Kaloka merupakan brand fesyen yang lahir pada Agustus 2022 lalu karena keprihatian pendirinya, Kevin Ketaren dan Leny Rafael, yang merasa generasi muda kehilangan kebanggaan menggunakan busana lokal dalam kehidupan sehari-hari, khususnya busana berbahan wastra Nusantara.

Ada banyak muse ikut dalam memperagakan produk Kaloka di runaway itu.

Di antaranya ialah Puteri Indonesia Intelegensia 2022 Magiana Ignasia Sinaga, tiktoker Ursula Natalia dengan akun @lulalu.li, selebgram Rendy Khaliq dan Yazqie Quo, serta pengamat sepakbola Imanuel Juliman.

Kevin menjelaskan Kaloka mencoba menjadi solusi dengan menciptakan pilihan-pilihan fesyen wastra yang lebih bergaya, harga terjangkau, dan cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Desain baju Kaloka menggabungkan elemen modern dengan motif wastra. Dalam koleksinya, Kaloka menampilkan beragam gaya busana, mulai dari gaun, rok, blus, hingga kemeja dan celana dengan sentuhan motif tradisional.

Baca juga: Semarakkan Industri Fesyen Tanah Air, JADE Lab Tambah Koleksi Comme des Garcons

Kevin berharap brand mereka bisa membangkitkan semangat generasi muda dalam mengenakan busana berbahan wastra Nusantara.

“Kaloka sangat bersyukur di usia masih sangat muda ini sudah dapat kesempatan tampil pada panggung semegah dan bergengsi seperti JF3,” jelas Kevin.

Menurut Kevin, menggunakan wastra Nusantara dengan targel pasar anak muda merupakan tantangan menarik.

“Kami melakukan riset dan inovasi, trial and error untuk menciptakan pakaian yang bisa dipakai anak muda sehari-hari."

Kevin berharap, menampilkan koleksi terbaru di JF3 ini makin banyak yang mengenal Kaloka dan akan terbuka kesempatan berikutnya untuk menampilkan produknya pada skala lokal dan internasional.

Leny menambahkan kolaborasi mereka menghasilkan produk yang memiliki target pasar cukup luas dari beragam kalangan, terutama anak muda dan segera menyasar pasar ekspor.

“Kombinasi wastra Nusantara dengan bahaan lain yang kekinian, membuat harga jual produk kami cukup kompetitif dan terjangkau,” tutup Leny. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat