visitaaponce.com

Dampingi TP PKK Banten, Al Muktabar Bangga Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung

Dampingi TP PKK Banten, Al Muktabar Bangga Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat pemecahan rekor dunia pergelaran angklung Guinness World Records (GWR)(Dok. Istimewa)

PENJABAT (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan rasa bangga atas pemecahan rekor dunia pergelaran angklung Guinness World Records (GWR) yang diikuti oleh 15.110 peserta dengan memainkan angklung secara serentak. Pergelaran tersebut bertajuk The Largest Angklung Ensemble in World.

Hal itu disampaikan Al Muktabar saat mendampingi perwakilan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Banten dan seluruh TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten yang turut terlibat dalam pemecahan rekor dunia.

“Tentu apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak yang terlibat, mulai dari latihan hingga dengan malam ini,” katanya di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/8).

Baca juga: Fanbase Terbesar, Army, Tuntut Guinness World Records Minta Maaf ke Jungkook BTS

Selanjutnya, Al Muktabar juga berharap dengan hal tersebut dapat membawa alat musik angklung dapat lebih mendunia dan menumbuhkan rasa cinta kepada generasi muda terhadap alat musik tradisional.

“Kita ingin bagi generasi muda untuk mencintai alat musik tradisional, kita bangga buatan dalam negeri dan ini juga bagian dari transformasi kita memupuk rasa nasionalisme sebagai bekal pembangunan. Apalagi sebentar lagi kita akan memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus,” imbuhnya.

Baca juga: Pos Indonesia Ekspor Perdana Angklung ke Korsel

“Alhamdulillah, Indonesia dinyatakan memecahkan rekor dunia dalam rangka pergelaran angklung terbesar di dunia, ini merupakan kebanggaan kita bersama,” sambung Al Muktabar.

Sementara, Ketua Panitia Tri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan, upaya pemecahan rekor dunia tersebut merupakan persembahan untuk HUT ke-78 kemerdekaan RI.

“Kami bertekad ini menjadi persembahan hadiah Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia Tahun 2023,” ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh OASE KIM tersebut bertujuan guna meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Indonesia yang direpresentasikan melalui pergelaran angklung terbesar di dunia.

“Kiranya, setelah upaya ini angklung akan terus bangkit, semakin dicintai semua generasi, dan menjadi bagian dari seni musik tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan negara Indonesia tapi bergaung di seluruh dunia,” katanya.

Dalam pemecahan rekor dunia tersebut, turut dihadiri Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, serta sejumlah menteri.

Sebagai informasi, sertifikat rekor dunia dunia itu diserahkan oleh perwakilan Guinness World Records kepada Tri Suswati Tito Karnavian selaku Ketua Panitia Pergelaran. Selanjutnya, sertifikat tersebut diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pergelaran angklung tersebut, ribuan pemain angklung yang turut serta dalam pergelaran itu membawakan lagu nasional Berkibarlah Benderaku dan lagu internasional Wind of Change. Para peserta tersebut dipandu oleh Saung Angklung Udjo. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat