visitaaponce.com

Ini 20 Universitas Penyedia Beassiwa untuk Mahasiswa, Ada Kuota Khusus untuk Santri

Ini 20 Universitas Penyedia Beassiwa untuk Mahasiswa, Ada Kuota Khusus untuk Santri
Tahun ini beasisa OSC memberikan kuota khusus bagi santri.(MI/DINDA SHABRINA)

PEMIMPIN Redaksi Medcom.id Indra Maulana mengatakan tahun ini beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) 2023 memberikan kuota khusus untuk para santri. Berbeda dari tahun sebelumnya, Indra mengatakan tahun ini OSC ingin memperluas keragaman para penerima beasiswa dari berbagai latar belakang pendidikan.

“Baru tahun ini dibuka, kami ingin lebih beragam. Tahun ini kita membuka hanya 30 kuota beasiswa untuk santri. Untuk persyaratannya sama saja, tetapi mengikuti seperti jalur yang sebelum-sebelumnya. Ada online test, seleksi berkas dan final test,” ujar Indra dalam Press Conference & Kick Off OSC 2023 di Kompleks Media Group, Jakarta, Senin, (7/8).

Baca juga: Uni Eropa Beri Beasiswa Erasmus untuk 78 Mahasiswa Indonesia Kuliah di Eropa

Indra juga berharap dengan memperluas jangkauan dapat memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh anak Indonesia dari berbagai daerah untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Selain itu Indra juga mengungkapkan beasiswa OSC ke depannya juga akan membuka kesempatan beasiswa untuk para pengajar atau tenaga pendidik di jenjang S2. Dia juga menyebut pihaknya tidak ingin membatasi kerja sama hanya dengan kampus dalam negeri. Indra mengatakan ia pun sangat menantikan peluang kerja sama dengan kampus luar negeri untuk program beasiswa tersebut.

“Kami masih proses melihat juga apakah ada kampus-kampus tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri untuk bisa diajak bekerja sama. Kemudian dari OSC sendiri secara internal ingin mengembangkan dan tidak berhenti di level S1 saja. Tetapi ingin juga ada untuk level S2. Sebenarnya concern kami yang ada di internal ini ingin S2 bisa dimanfaatkan oleh para tenaga pendidik kita,” kata Indra.

Baca juga: UPZDK Permata Bank Syariah dan Laznas IZI Gelar Silahturahmi Penerima Beasiswa

“Seperti yang sudah dibahas kualitas pendidikan itu bukan hanya soal akses, infrastruktur. Tetapi juga bagaimana kualitas tenaga pendidiknya. Bagaimana pendidikan di republic ini kualitas para pendidik atau pengajarnya tidak bagus? Mungkin rencana kami ke depannya seperti itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Surya Edukasi Bangsa Mohammad Mirdal Akib mengharapkan lulusan beasiswa OSC dapat menjadi generasi yang menciptakan lapangan kerja. Ia ingin generasi yang lulus dengan beasiswa OSC sama seperti generasi di masa sumpah pemuda dengan mental pejuang yang berkualitas dan mampu memikirkan arah masa depan bangsa Indonesia.

“OSC ini lahir berkat impian kita dari sembilan tahun yang lalu. Haparan kita anak-anak OSC ini bisa menciptakan pekerjaan. Bukan hanya sekadar yang mencari pekerjaan. Kami yakin IPK anak-anak OSC lumayan tinggi kok. Jadi harapan besar kita untuk para penerima beasiswa bisa lebih berkualitas,” ungkap Mirdal.

Dalam satu dekade ke depan Mirdal berharap OSC dapat merangkul seluruh anak di Indonesia, khususnya wilayah dengan APK (Angka Partisipasi Kotor) perguruan tingginya masih sangat rendah. “Kami ini warna dari pemimpin bangsa Indonesia ke depan itu lebih berwarna. Kalau bisa pemimpin kita berikutnya itu ada yang dari Aceh, Papua, Ambon, Jawa dan seterusnya. Ini semua bisa terjadi apabila infrastruktur yang belum memadai bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” tandasnya.

Tahun ini, kuota beasiswa OSC dibuka untuk 418 peserta. Terdapat 21 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dapat dipilih pendaftar dalam beasiswa OSC Medcom.id 2023. PTS tersebut tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Palembang, Lampung dan Medan.

Pendaftar merupakan siswa siswi lulusan SMA sederajat kelas 12 yang akan lulus pada 2024, kemudian yang sudah lulus tahun 2022 dan 2023 namun belum kuliah. Pendaftaran dapat diakses melalui laman osc.medcom.id dan dibuka sampai 1 November 2023. Untuk administrasi pendaftaran dikenakan biaya registrasi sebesar Rp35 ribu.

Berikut daftar 21 universitas mitra penyedia Beasiswa OSC 2023:

Universitas Esa unggul

Universitas Mercu Buana

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Pembangunan Jaya

Universitas Trisakti

LSPR Communication and Business Institute

Universitas Persada Indonesia YAI

Institut Teknologi Nasional Bandung

Universitas Kristen Maranatha

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia

Universitas Gajayana

Universitas Islam Malang

Universitas Ciputra

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Universitas Fajar

Universitas Muslim Indonesia

Universitas Bandar Lampung

Universitas Bina Darma

Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat