visitaaponce.com

Makassar Jadi Kota Ketiga Roadshow OSC Medcom.id

Makassar Jadi Kota Ketiga Roadshow OSC Medcom.id
Beasiswa OSC(Dok. Medcom.id)

ROAD show Online Scholarship Competition (OSC) 2023 kembali digelar, dan untuk tahun ini, Makassar menjadi kota ketiga sosialisasi kompetisi beasiswa online ini. 

OSC merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang digelar oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation, bekerja sama dengan Medcom.id.

Ribuan siswa-siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Kota Makassar pun, antusias mengikuti sosialisasi OSC itu, yang menghadirkan dua pnerima OSC di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang membagikan kiat sukses menerima beasiswa online itu, yang berasal dari luar Sulsel bernam Rahma dan Kurniawan.

Baca juga : Ini 20 Universitas Penyedia Beassiwa untuk Mahasiswa, Ada Kuota Khusus untuk Santri 

Head of Coorporate Communication Medcom.id Herfindo Satria Gading menjelaskan, Makassar menjadi kota ketiga tempat roadshow OSC, setelah Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

"Sekarang di Makassar. Tujuan kegiatan ini, untuk menyerukan semangat #AKuinginkuliah, ke seluruh siswa-siswi di seluruh penjuru Indonesia dimana pun berada," jelasnya.

Baca juga : Hasil Seleksi, Sebanyak 70 Orang Terima Beasiswa OSC S2

Khusus Makassar, OSC didukung oleh dua perguruan tinggi, yaitu UMI dan Universitas Fajar, dari 21 kampus pendukung dengan jumlah kuota beasiswa yang ada sebanyak 426 calon mahasiswa penerima beasiswa di seluruh wilayah Indonesia. Dengan tiap kampus mendapat kuota 15-21 orang.

"Pendaftaranya dari seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Hanya saja memang terbanyak dari daerah Jawa. Kali ini dilakukan roadshow di Makassar, untuk memperbanyak pendaftar di Indonesia Timur," tukas Herfindo.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sulsel Wilayah 1, Amran pun mengakui, jika program tersebut sangat membantu bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana.

"Program beasiswa yang ditawarkan medcom.id ini suatu hal yang sangat bagus sekali, karena kita tahu satu hal, masih banyak anak-anak kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tapi terhalang atau kendala pembiayaan sehingga tidak bisa melanjutkan," ujarnya.

"Sehingga melalu sosialisasi OSC yang dilakukan medcom ini, tentu kita berharap, anak- anak kita yang mendapatkan sosialisasi sepert ini intinya bisa bersaing mendapatkan beasiswa dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang labih tinggi lagi," sambung Amran.

Lantaran menurutnya, dari data yang ada masih banyak tamatan SMA di Sulsel yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

"Setiap tahunnya, ada sekitar 10 hingga 20 persen yang belum bisa lanjut k eperguruan tinggi dengan berabagai alasan, salah satunya karena ekonomi yang paling berpengaruh. Mereka tidak punya biaya," ungkap Amran.

Sementara itu, Rektor UMI Basri Modding mengungkapkan, jika tahun ini merupakan tahun keliama UMI mendukung OSC. Tujuannya, agar seluruh generasi muda Indonesia, tidak boleh ada yang tidak kuliah, sehingga UMI mempersipakan beasiswa sebagai salah satu cara, agar generasi ini mampu mempersiapkan diri menuju Indonesia maju.

"Harapan kami dari UMI, semoga program ini tidak hanya terbatas pada orang tertentu saja, tapi seluruh Indonesia bisa menikmati beasiswa, meski dengan persaingan atau seleksi yang sangat ketat. termasuk kami menyiapkan beasiswa OSC kuota santri, yang baru dimulai tahun ini. Dan tidak hanya sebatas di Sulsel saja, tapi juga dari penjuru Nusantara," pungkas Basri. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat