visitaaponce.com

Pengertian Implementasi, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Implementasi, Jenis, Tujuan, dan Contohnya
Ilustrasi(Freepik)

DALAM Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implementasi memiliki makna pelaksanaan atau penerapan. Hal itu berkaitan dengan suatu perencanaan, kesepakatan, maupun penerapan kewajiban. 

Sementara, Nurdin Usman, dalam bukunya yang berjudul Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (2002), menuliskan makna implementasi sebagai suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci.

Baca juga: DPR Pertanyakan Efektivitas Aplikasi AESIA dalam Pemanfaatan Aset Negara

Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap sempurna. Menurut Nurdin, implementasi bukan sekedar aktivitas, tapi suatu kegiatan yang terencana untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, implementasi adalah tindakan yang harus mengikuti pemikiran awal agar sesuatu benar-benar terjadi.

Tujuan Implementasi

Tujuan dari implementasi adalah untuk memastikan rencana yang sudah disepakati bisa diterapkan dan membawa dampak yang positif. Tim yang berkaitan dengan perencanaan implementasi harus dapat menjawab hal-hal detail tentang suatu rencana yang akan diterapkan, sebelum akhirnya masuk ke fase eksekusi. 

Rencana implementasi akan menjadi kunci untuk menguraikan langkah-langkah yang harus diambil tim untuk mencapai tujuan atau inisiatif bersama.

Baca juga: Implementasi UU PKDRT Alami Kemunduran

Cara yang baik untuk mengetahui apakah rencana implementasi sudah efektif atau belum adalah dengan menyerahkannya kepada seseorang di luar tim untuk menilai apakah mereka dapat memahami proyek secara keseluruhan. Rencana implementasi seharusnya tidak meninggalkan pertanyaan yang tidak terjawab.

Jenis-Jenis implementasi

Berikut adalah beberapa jenis implementasi yang umum dalam berbagai konteks:

1. Implementasi Kebijakan

Implementasi kebijakan melibatkan langkah-langkah untuk menerapkan keputusan atau tindakan yang diambil oleh pemerintah atau organisasi. Ini termasuk mengubah peraturan, memastikan pematuhan, dan mengembangkan program untuk mencapai tujuan kebijakan.

2. Implementasi Teknologi

Implementasi teknologi adalah proses mengenalkan dan mengintegrasikan solusi teknologi baru ke dalam lingkungan yang sudah ada. Ini mencakup menginstal, mengonfigurasi, dan menguji perangkat lunak atau perangkat keras baru.

3. Implementasi Proyek

Implementasi proyek melibatkan langkah-langkah untuk mewujudkan rencana proyek yang telah disusun. Ini termasuk alokasi sumber daya, manajemen risiko, pemantauan kemajuan, dan penyelesaian proyek sesuai jadwal.

4. Implementasi Sistem

Implementasi sistem melibatkan pembangunan dan peluncuran sistem baru atau yang ditingkatkan. Ini bisa berupa sistem informasi, sistem manajemen, atau sistem lainnya yang digunakan dalam organisasi.

5. Implementasi Strategi Bisnis

Implementasi strategi bisnis melibatkan langkah-langkah untuk mengubah rencana strategis menjadi tindakan nyata. Ini mencakup pengaturan sumber daya, merancang langkah-langkah, dan memastikan kesesuaian dengan tujuan strategis.

6. Implementasi Pendidikan

Implementasi pendidikan adalah proses menerapkan kurikulum, metode pengajaran, dan program pelatihan dalam lingkungan pendidikan. Ini melibatkan guru, siswa, dan dukungan pendidikan lainnya.

7. Implementasi Kesehatan

Implementasi kesehatan melibatkan pelaksanaan program-program kesehatan, seperti vaksinasi, kampanye penyuluhan, dan pengobatan. Ini berfokus pada menerjemahkan pengetahuan kedokteran ke dalam tindakan yang bermanfaat bagi masyarakat.

8. Implementasi Keamanan

Implementasi keamanan melibatkan penerapan langkah-langkah untuk melindungi aset, informasi, dan infrastruktur dari risiko dan ancaman potensial. Ini termasuk keamanan siber, keamanan fisik, dan strategi mitigasi risiko.

9. Implementasi Lingkungan

Implementasi lingkungan melibatkan penerapan tindakan untuk menjaga, mengurangi dampak, atau mengatasi masalah lingkungan. Ini bisa berupa program pengelolaan limbah, reboisasi, atau konservasi alam.

10. Implementasi Inovasi

Implementasi inovasi melibatkan mengubah ide atau konsep baru menjadi produk, layanan, atau praktik yang dapat digunakan di dunia nyata. Ini termasuk pengujian, pengembangan, dan penerapan solusi baru.

Contoh Rencana Implementasi

- Ilmu Politik

Implementasi pada bidang ini digunakan untuk merujuk pada peluncuran dan pelaksanaan undang-undang dan kebijakan publik. Contohnya adalah peluncuran dari implementasi rencana pengesahan RUU PKS. 

Setelah resmi disahkan pada April lalu, kini rencana tersebut mulai diterapkan setelah membutuhkan waktu perundingan yang cukup lama sekitar enam tahun terus pembahasan.

- Ilmu sosial atau kesehatan

Perlu ada langkah-langkah khusus sebagai bagian dari implementasi. Contohnya adalah implementasi rencana pemulihan untuk kota yang mengalami bencana alam, atau pelaksanaan sistem untuk mengirimkan vaksin COVID-19 ke publik.

- Teknologi Informasi

Implementasi butuh penyertaan spesifikasi teknis tertentu, komponen perangkat lunak atau standar perangkat lunak. Misalnya, alat pengembangan perangkat lunak berisi implementasi bahasa pemrograman.

- Bisnis

Rencana implementasi bisnis adalah serangkaian langkah yang diikuti untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Dalam mencapai tujuan keuntungan bisnis contohnya, setelah menggodok rencana pelebaran selama beberapa bulan, maka waktunya implementasi untuk pembukaan cabang restoran di beberapa titik. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat