visitaaponce.com

Arya Noble Group Komitmen Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak

Arya Noble Group Komitmen Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak
Ilustrasi(HO)

AKSES pendidikan dan kemampuan ekonomi merupakan dua faktor mendasar yang menjadi masalah bagi negara berkembang seperti Indonesia. Kemendikbudristek pada Juni 2023 menyatakan, sepanjang tahun ajaran 2022/2023 tercatat angka putus sekolah di Indonesia dari semua jenjang mencapai 76.834 siswa dengan angka putus sekolah SD tertinggi hingga mencapai 40,623 kasus.

Kondisi ekonomi orang tua lantas menjadi salah satu faktor pendukung anak putus sekolah. Pada beberapa kasus, orang tua cenderung mendukung anak untuk bekerja dan menghasilkan uang, dibanding harus belajar dan menghabiskan waktu lebih lama di sekolah.

Jika tidak ditangani, maka hal ini akan tumbuh menjadi kondisi yang tidak ideal bagi anak untuk dapat tumbuh dan berkembang. Untuk itu, sejak tahun tahun 2017 secara aktif, Arya Noble Group, induk perusahaan ERHA, membangun taman baca anak di berbagai kota di Indonesia.

Hadir di tujuh kota sepanjang Pulau Jawa, Taman Baca Jendela Dunia diharapkan dapat memberikan akses bagi anak-anak kurang beruntung dan terancam putus sekolah terhadap fasilitas pendidikan dengan lebih mudah dan menyenangkan. Melalui berbagai program pemberdayaan dan peningkatan literasi, diharapkan anak-anak kembali memiliki semangat dan mimpi yang lebih tinggi untuk memperbaiki kualitas dan taraf kehidupan dirinya serta keluarganya melalui proses pembelajaran yang baik.

Salah satu Taman Baca Jendela Dunia terdapat di SD Dinamika Bekasi yang terletak tepat di dalam area Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat . Sejak dibangun, taman baca ini telah mengakomodir hampir 60% anak pemulung untuk mendapatkan akses terhadap pendidikan yang lebih baik melalui penyediaan fasilitas belajar terbaru, kegiatan sosial yang dilakukan bersama relawan, hingga program peningkatan literasi yang Bertajuk Berkarya Bercerita.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun, Arya Noble Group bekerja sama dengan ERHA Acne Center dan ERHA Acne Act menyelenggarakan kegiatan Berkarya Bercerita edisi Kemerdekaan di SD Dinamika Bekasi yang diikuti lebih dari 350 siswa jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah dasar. Berkarya Bercerita juga kembali mengundang relawan ERHA dan anggota Komunitas Acne-Free Universe untuk dapat berinteraksi langsung dengan siswa sebagai fasilitator kegiatan.

Andreas Bayu Aji, Chief Corporate Affairs Officer Arya Noble Group, Induk Usaha ERHA mengatakan semangat nasionalisme menjadi salah satu elemen krusial pembentuk karakter siswa yang harus dipupuk sejak dini. Pengetahuan setinggi apapun menjadi sia-sia ketika siswa tidak memiliki karakter dan jiwa nasionalisme yang baik. "Kami harap Berkarya Bercerita edisi Kemerdekaan ini dapat menjadi kegiatan yang tidak hanya menghibur namun juga pengingat bagi kita semua untuk terus menyalakan semangat belajar dan nasionalisme dalam diri para calon generasi penerus," jelasnya

Kepala Sekolah SD Dinamika Bekasi Nasrudin menyatakan, peringatan Hari Kemerdekaan RI kali ini tentunya terasa sangat berbeda bagi siswa. "Mereka dengan antusias menyambut kegiatan Berkarya Bercerita edisi Kemerdekaan sejak acara ini diumumkan. Pihak sekolah sekali lagi mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi ERHA dalam memajukan kemampuan literasi dan jiwa nasionalisme siswa melalui kegiatan ini," ujar Nasrudin.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat