visitaaponce.com

Gabungan Seniman Indonesia Gelar Negeri Merdeka Menari

Gabungan Seniman Indonesia Gelar Negeri Merdeka Menari 
Gabungan Seniman Indonesia di ajang Negeri Merdeka Menari(Dok. GSi)

GABUNGAN Seniman Indonesia (GSI) mengisi momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dengan agenda "Negeri Merdeka Menari".

Berlokasi di Kediaman Roy Marten, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, acara bernuansa kemerdekaan itu dimeriahkan lomba fashion show.

Mengusung tagline "Dulu Kita Muda Sekarang (Sok) Muda", acara itu dihadiri oleh sederet artis, pelawak, musisi senior, influencer, dan Gen Z.

Baca juga : Back To CItayam Fashion Week Berikan Panggung untuk Musisi Jalanan

Mulai dari Roy Marten, Anna Maria, Gibran Marten, Tessy, Bagong, Tarzan, Polo, Kadie, Mucle Kathulistiwa, Anwar Fuadi, Sultan Saladin, Ayu Dyah Pasha, Katon Bagaskara, Dwi Yan, Mazdjo Prayz, Boy Tirayoh, dan Arthur Tobing.

Lalu ada Karsono, Bryan Mckenzi, Faradilla Yoshi, Sylvia Fuli, Kevin Andrean, Geovani Tobing, Annisa Queen, Doyok, Suwondo, Soegiarto, Bambang, Suprianto, Ribut, Angel Lisandi, Farah, Cut Asyifa dan masih banyak lagi.

Ketua GSI, Roy Marten yang merupakan aktor kelahiran 1957 itu mengungkapkan momentum hari kemerdekaan Indonesia perlu dimaknai dengan mengenang semangat perjuangan para pahlawan yang membawa Indonesia menuju kemerdekaan.

Baca juga : Pegiat Seni Gelar Konser Musik untuk 77 Tahun Indonesia Merdeka

"Kemerdekaan kita raih dengan darah dan air mata, kita harus terima kasih kepada para pejuang yang telah merelakan. Mari kita rawat persatuan itu. Jadi, mimpi-mimpi para pemimpin harus kita wujudkan, tanpa persatuan kita enggak mungkin maju, jadi harus bersatu," ujar Roy.

Salah satu keinginan dari para seniman adalah dibangunnya sebuah infrastruktur guna melestarikan kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang memadai supaya tak lekang oleh zaman.

"Minimal kita menjadi negara PDB 10 ribu dolar atau 12 ribu dolar. Kedua, kami mengharapkan akomodasi kebutuhan para seniman," tuturnya.

Baca juga : Srihadi Soedarsono, Pelukis dan Pendidik Berpulang

"Sampai hari ini pemerintah sudah 7 presiden belum pernah membangun infrastruktur kebudayaan, kita ingin beliau yang membangun," imbuhnya.

Aktris dan model Ayu Diah Pasha memberikan pandangannya terkait memaknai HUT RI kali ini. Menurut dia, perlu adanya kolaborasi segala pihak agar dapat menyongsong Indonesia emas 2045 atau 100 hari kemerdekaan Indonesia.

Ayu Diah juga menampilkan sebuah puisi karya Roy Marten yang berjudul "Catatan Untuk Pemimpin Indonesia Ke Depan".

Baca juga : Kehadiran Fitur Sora di ChatGPT Membuat Cemas Para Pembuat Media

"Seratus tahun kemerdekaan Indonesia itu sebuah momentum yang hanya satu kali dalam perjalanan sejarah Indonesia menuju angka 100, dan mudah-mudahan harapannya Indonesia betul-betul gemilang di saat itu asalkan kita semua mau bekerja keras kita semua mau bekerja jujur dan kita semua mau saling menghargai satu sama lain," kata dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat