visitaaponce.com

Presiden Jokowi Sebut Indonesia Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi Sebut Indonesia Perjuangkan Kemerdekaan Palestina
Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk Palestina.(MI/Fetry)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia selalu konsisten dalam memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk Palestina

"Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa. Termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi dalam amanat pada Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Pertamina Hulu Rokan, di Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (1/6).

Dalam perhelatan tersebut, Jokowi nampak mengenakan atasan berwarba hitam pakaian adat Teluk Belanga, dengan bawahan celana panjang hitam dan songket, serta penutup kepala tanjak. Dia juga mengenakan selendang dan ikat pinggang berwarna kuning.

Baca juga : Temui Presiden Jokowi, Dubes Palestina Apresiasi Dukungan Indonesia

Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh, dimana Indonesia berhasil memimpin Grup Negara G20, menjadi Ketua ASEAN termasuk, menyelenggarakan World Water Forum.

Keaktifan dalam dunia internasional tidak menyurutkan perjuangan Indonesia untuk berdikari pada bidang ekonomi, dengan terus mendorong industrialisasi di dalam negeri, melalui hilirisasi di berbagai sektor.

Untuk itu, masyarakat patut bersyukur Indonesia tetap kokoh, stabil, bersatu padu, dan terus bertumbuh ekonominya di tengah gempuran dunia yang penuh ketidakpastian.

Baca juga : Presiden: Seluruh Faksi di Palestina Harus Bersatu

Saat ini, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas Indonesia harus selalu optimistis.

Sebab Indonesia punya Pancasila yang memandu arah bangsa. Ini membuat Indonesia memiliki modal sosial dan modal budaya yang kokoh.

"Karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi," kata Jokowi.

Pada upacara tersebut, selaku Komandan upacara yakni Dir Reskrimum Polda Jambi, Kombespol Andri Ananta Yudistira. Bertindak sebagai pembaca doa Menko PMK Muhadjir Effendy, sebagai pembaca Pancasila Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan pembacaan undang-undang Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Para menteri yang hadir antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir,Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat