visitaaponce.com

Atasi Polusi, Pemerintah Perlu Lakukan Uji Emisi Industri

Atasi Polusi, Pemerintah Perlu Lakukan Uji Emisi Industri
Pegawai Pemprov DKI Jakarta berjalan keluar saat jam pulang kerja di depan Balai Kota, Jakarta(Antara)

CLIMATE Impact Associate Yayasan Indonesia Cerah Diya Farida mengatakan bahwa terdapat solusi jangka pendek dan panjang dari permasalahan sengkarut polusi di DKI Jakarta.

Untuk solusi jangka pendek, menurutnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak hanya harus menguji emisi kendaraan saja, tapi juga industri.

“Solusi jangka pendek yang bisa dilakukan Pemprov DKI Jakarta selain uji emisi kendaraan bermotor secara konsisten adalah uji emisi cerobong-cerobong asap di kawasan industri/pabrik yang berada di wilayah DKI Jakarta. Hal ini juga perlu dilakukan secara konsisten dan tidak tebang pilih,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Selasa (22/8).

Baca juga :  Waduh, Polusi Udara Jakarta Kurangi Harapan Hidup Hingga 5,5 Tahun

Lebih lanjut, untuk jangka panjang pemerintah dikatakan perlu menginvestigasi beberapa sumber polusi dari industri yang dekat dengan DKI Jakarta.

Baca juga : Menteri LHK akan Tertibkan PLTU, PLTD dan Perusahaan Industri Penyebab Polusi Udara

“Untuk solusi jangka panjang adalah melakukan sinergi dengan pemerintah wilayah sumber polusi udara terdekat yakni Pemprov Banten dan Pemprov Jabar, atau sederhananya adalah menjalankan putusan gugatan warga negara dari PN Jakpus pada 16 September 2021,” tandas Farida. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat