visitaaponce.com

Tips Mengajak Anak untuk Membaca

Tips Mengajak Anak untuk Membaca
Yuk kita ajak anak-anak kita untuk mulai membaca.(Freepik)

MEMBACA sebetulnya adalah hal yang menyenangkan, seperti berlayar melintasi lautan kata-kata yang membawa kita ke dunia-dunia baru. Sayangnya di tengah gemuruh kehidupan modern yang terus berputar, aktivitas ini seringkali terpinggirkan. 

Oleh karena itu, peran orang tua dalam proses belajar membaca anak sangat penting, lho. Sebab, proses belajar ini dimulai sejak dini di rumah.

Bahkan, sejak anak balita Anda sudah bisa mulai memperkenalkannya terhadap huruf dan alfabet. Proses belajar membaca pada anak harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tanpa paksaan ya. Ini dia tips mengajarkan anak membaca yang bisa Bunda dan Ayah lakukan di rumah.

Baca juga: Hari Anak Jakarta Membaca, Begini Sejarah dan Manfaatnya

1. Menjadi Contoh Teladan

Tunjukkan membaca adalah aktivitas yang Anda nikmati. Ketika anak melihat Anda membaca, mereka cenderung terinspirasi untuk melakukannya juga.

Baca juga: Jangan Salah, Membaca Buku Punya 12 Manfaat Ini Loh!

2. Membuat Rutinitas Membaca

Tetapkan waktu khusus untuk membaca setiap hari, seperti sebelum tidur atau setelah makan malam. Ini akan membantu membentuk kebiasaan membaca yang baik.

3. Pilih Buku Sesuai Minat

Temukan buku yang sesuai dengan minat anak. Apakah mereka suka hewan, petualangan, fantasi, atau fakta-fakta? Memilih buku yang sesuai dengan minat mereka akan membuat mereka lebih tertarik untuk membaca.

4. Baca Bersama-sama

Bacakan buku untuk mereka atau baca bersama-sama secara bergantian. Ini bisa menjadi momen yang menyenangkan dan memperkuat ikatan antara Anda dan anak.

5. Berikan Akses ke Buku-Buku Menarik

Pastikan ada banyak buku menarik di sekitar anak. Bawa mereka ke toko buku atau perpustakaan, dan biarkan mereka memilih buku yang mereka inginkan.

6. Ciptakan Lingkungan Membaca yang Nyaman

Buat sudut baca yang nyaman di rumah dengan bantal, selimut, dan cahaya yang cukup. Anak akan lebih suka membaca jika mereka merasa nyaman.

7. Diskusikan Buku yang Dibaca

Setelah anak membaca buku, ajak mereka untuk berbicara tentang cerita, karakter, dan bagian-bagian yang mereka sukai. Ini dapat mendorong pemahaman lebih dalam dan memicu diskusi menarik.

8. Beri Pujian dan Penghargaan

Berikan pujian saat anak membaca buku dan menyelesaikannya. Anda juga bisa memberikan penghargaan kecil sebagai insentif, seperti waktu ekstra bermain jika mereka menyelesaikan buku tertentu.

9. Ikut Program Membaca di Sekolah atau Perpustakaan

Banyak sekolah dan perpustakaan menyelenggarakan program membaca yang menarik. Ajak anak untuk mengikuti program tersebut untuk memperluas lingkungan membaca mereka.

10. Jadikan Membaca sebagai Bagian dari Aktivitas Lain

Misalnya, jika anak suka masak, carilah resep-resep sederhana dan bacakan petunjuknya bersama-sama. Ini bisa menjadi cara menyenangkan untuk menggabungkan membaca dengan hobi mereka. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat