visitaaponce.com

Jangan Salah, Membaca Buku Punya 12 Manfaat Ini Loh

Jangan Salah, Membaca Buku Punya 12 Manfaat Ini Loh!
Ilustrasi membaca buku yang merupakan kebiasaan baik untuk otak dan kesehatan(Freepik)

MEMBACA buku adalah kebiasaan baik yang harus terus dilakukan sampai sekarang. Sebab, sebuah studi baru mengungkapkan, bahwa menghabiskan sekian waktu dalam sehari dengan membaca buku yang bagus bermanfaat memperpanjang angka harapan hidup.

Namun, seiring berkembangnya era digital telah mempengaruhi banyak pilar kehidupan. Banyak sekali literatur yang bisa kita akses lewat internet hanya dalam hitungan detik saja apa yang kuita cari dengan bermodalkan internet akhirnya dapat informasi secepatnya tanpa membuka lembar perlembar. 

Bahkan tak jarang aktivitas ini dianggap sepele tak banyak mendapat keuntungan. 

Baca juga: Ini Deretan Toko Buku yang Gulung Tikar Sebelum Gunung Agung

Padahal istilah peribahasa ‘Buku adalah jendela Dunia’ tanpa kita sadari hal tersebut memang benar adanya. Dengan membaca buku, pikiran dan pengetahuan bertambah dan semakin luas.

Membaca buku jika dikalkulasi, aktivitas ini mungkin kecil sekali dilakukan orang pada umumnya, karena orang menganggap tak menyenangkan.

Baca juga: Kanye West Mengaku tidak Pernah Membaca Buku

Meskipun buku sudah bisa kita akses lewat internet, tetap saja kehadiran buku cetak tetap penting. Lantas apa saja yah manfaat membaca buku di jaman sekarang ? Yuk simak ulasan berikut!

Manfaat Membaca Buku

1. Melatih otak

Membaca buku sangat baik sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir, menganalisis berbagai masalah, mencari jalan keluar dan solusi hingga menemukan hal-hal baru. Kegiatan-kegiatan ini dapat membuat orang semakin cerdas karena sel-sel otak terus dimaksimalkan potensinya dan tidak dibiarkan terlelap dalam tidur panjangnya.

 2. Memiliki Tingkat Konsentrasi yang Baik

Orang yang membaca buku biasanya memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Membaca buku membuat otak kita fokus dan konsentrasi. Hal ini membantu kita dalam mengembangkan keterampilan objektivitas.

 3. Menumbuhkan Kemampuan Menulis

Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk banyak menulis, seperti seorang jurnalis, public relation, atau bahkan musisi, membaca buku sangat disarankan. Buku yang ditulis dengan baik bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam menyusun kata-kata yang indah dan menarik.

4. Memberikan Ketenangan

Sangat mungkin jika tubuh menjadi rileks saat membaca buku. Penelitian sudah membuktikan bahwa membaca buku spiritual bisa menurunkan tekanan darah sekaligus menenangkan hati.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Semakin banyak yang kita baca, semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi, hal ini merupakan reaksi berantai. Karena kita adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari kita untuk mencari suatu jawaban. Perasaan terhadap diri kita sendiri akan semakin baik.

6. Meningkatkan kedisiplinan

Mencari waktu untuk membaca adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Namun siapa diantara kita telah membuat jadwal untuk membaca buku setiap hari? Mungkin hanya sedikit sekali. Karena itulah, menambahkan aktifitas membaca buku ke dalam jadwal harian kita dan berpegang dengan jadwal tersebut akan meningkatkan kedisiplinan.

7. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Saat kita membaca buklu, tepatnya buku pelajaran, kita bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Sebab, buku pelajaran berisi ilmu pengetahuan yang kita butuhkan.

8. Mengetahui Informasi Teraktual

Tak jarang buku memuat berbagai informasi, misalnya saja majalah, dengan membaca majalah, kita mengetahui informasi ter update. Sebab, majalah banyak memuat informasi yang mencakup harga produk, lomba dan lain-lain.

9. Menjauhkan dari Penyakit Alzheimer

Bahkan tak jarang aktivitas membaca bukudianggap sepele tak banyak mendapat keuntungan. Para peneliti menemukan adanya pertumbuhan sel-sel otak dari orang-orang yang sering membaca buku. Daya ikat otak juga akan meningkat jika dilatih secara teratur. Tidak hanya membaca buku, kegiatan seperti mengisi teka-teki silang, atau bermain Sudoku juga bisa mencegah kehilangan memori dan menjauhkan dari penyakit Alzheimer.

10. Memiliki Kemampuan Analisa yang Baik

Saat membaca buku fiksi, pernahkah kita mendengar diri kita sendiri berkata, “sepertinya kita tahu akhir dari cerita ini,”. Jika iya, maka itu pertanda bahwa kemampuan analisa kita sedang bekerja. Jika prediksi kita seringkali benar, maka otak kita telah bekerja dengan baik.

11. Meredakan Stres

Tidak peduli betapa beratnya rutinitas, seperti beban pekerjaan atau permasalahan hubungan dengan pasangan, rangkaian kata yang indah bisa memancing otak untuk rileks. Membaca buku seperti novel atau cerita fiksi yang ditulis dengan indah bisa memancing otak untuk sejenak melupakan beban yang ada sehingga stres kita pun bisa berkurang.

12. Mengembangkan Pola Tidur Sehat

Bila kita terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Iniakan membantu mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari. 

Banyak sekali kan manfaat membaca buku sobat Media Indonesia, yuk budayakan membaca. Karena membaca itu merupakan jendela untuk membawa kita ke dunia yang lain, termasuk membaca berita di mediaindonesia.com. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat