visitaaponce.com

Manfaat Tanaman Lengkuas dari Akar hingga Daun untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Lengkuas dari Akar hingga Daun untuk Kesehatan
Tidak hanya sebagai bumbu dapur, lengkuas memiliki manfaat bagi kesehatan. (Freepik)

KAMU mungkin salah satu dari kebanyakan orang yang menganggap kalau lengkuas adalah bahan atau bumbu masakan. Padahal di balik itu lengkuas punya segudang manfaat buat kesehatan. 

Apa dan bagaimana manfaat lengkuas dan cara mengkonsumsinya? Kamu bisa menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut di artikel kali ini. 

Manfaat

1. Mengobati diare

Kegunaan lengkuas sejak lama digunakan sebagai obat diare alami. Bumbu dan rempah yang Anda gunakan ketika memasak biasanya mengandung zat tertentu yang bersifat antimikroba atau antibakteri. Zat antibakteri tersebut ada pada lengkuas.

Baca juga : Kelor Kian Melejit, Superfood Ini Berhasil Raih Omzet Per Tahun Rp 4 Miliar

Menurut penelitian terbitan Nommensen International Conference on Technology and Engineering (2018), ekstrak lengkuas dengan konsentrasi tinggi mengandung berbagai senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan Escherichia coli atau bakteri penyebab diare. Beberapa senyawa tersebut, di antaranya alkaloid, saponin, fenol, flavonoid, fitosterol, fenol, dan terpenoid.

2. Mencegah infeksi

Manfaat antimikroba pada lengkuas dapat menghalau bakteri lain. Beberapa penelitian di laboratorium menyebutkan tanaman ini mampu mematikan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus yang kerap menginfeksi manusia. Menambahkan rimpang ke dalam masakan juga bisa menurunkan risiko infeksi bakteri yang berasal dari kerang mentah. 

Beberapa studi lain pun menunjukkan potensi bumbu ini dalam menghalau jamur dan parasit, tapi para ahli perlu mengkajinya lebih lanjut.

Baca juga : Jenis-Jenis Tanaman Toga dan Manfaatnya

3. Mengurangi risiko tumor dan kanker

Rempah ini mengandung beragam antioksidan yang berpotensi menurunkan risiko tumor dan kanker. Sejumlah penelitian mengungkapkan lengkuas mengandung galangin yang berpotensi mematikan sel kanker dan mencegahnya bertumbuh.

Para ahli menemukan bahwa galangin cukup bereaksi dalam mematikan sel kanker usus besar. Tidak berhenti di situ, penelitian lain pun menunjukkan potensi zat ini dalam melawan sel kanker kulit, hati, saluran empedu, hingga payudara.

4. Meredakan peradangan dan nyeri

Seperti kebanyakan bumbu dan rempah, manfaat lengkuas juga membantu meredakan radang yang disebabkan oleh penyakit di dalam tubuh. Sifat ini berasal dari HMP, zat fitokimia yang potensi antiradangnya telah terbukti dalam sejumlah studi terhadap hewan.

Baca juga : Ini Tanaman yang Cocok untuk Menyuburkan Tanah di Kebun Anda

Selain itu, banyak tumbuhan dari keluarga rimpang juga mengandung galangal. Galangal membantu meredakan nyeri yang merupakan salah satu gejala peradangan, misalnya akibat radang sendi. Namun, khasiat ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

5. Meringankan gejala asma

Berkat khasiat lengkuas dalam meredakan radang, para ahli menduga bahwa bumbu ini mungkin dapat membantu meringankan gejala asma. Gejala asma muncul karena peradangan dan pembengkakan pada saluran napas. Tumbuhan ini juga memiliki efek antispasmodik sehingga mampu melebarkan saluran bronkus pada paru-paru. 

Penggunaan lengkuas mungkin juga dapat mengurangi dahak sehingga dapat melegakan pernapasan saat asma menyerang.

Baca juga : Hati-hati, Jenis Tanaman ini Berbahaya bagi Hewan Peliharaan

6. Meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan suara serak

Masyarakat India sering menggunakan bumbu ini untuk meredakan nyeri dada, suara serak, dan sakit tenggorokan secara alami. Caranya dengan mencampurkan beberapa sendok kecil lengkuas bubuk dengan air panas, lalu meminum larutannya secara rutin.

Akar rimpang ini mungkin dapat melegakan keluhan tersebut karena sifatnya sebagai ekspektoran alias pengencer dahak. Sifat antiradangnya kemungkinan juga membantu meringankan gejala batuk atau sakit tenggorokan.

7. Membantu mengobati luka bakar

Manfaat lengkuas salah satunya membantu mengobati luka bakar ringan. Rempah ini mengandung senyawa bernama galangin yang  melindungi kelenjar minyak yang mempercepat penyembuhan luka. 

Baca juga : Peneliti LIPI: Belum Ada Studi Ilmiah Khasiat Jambu untuk Covid-19

Selain itu, senyawa ini juga menghambat peradangan dan meningkatkan kolagen sehingga luka pulih lebih cepat. Sebagai obat luka bakar alami, tumbuk beberapa iris dan oleskan pada kulit yang bermasalah.

Cara mengkonsumsi lengkuas

Setelah tahu tentang manfaat lengkuas, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara penggunaan atau pengelolaan lengkuas untuk kesehatan.

1. Teh Plus Ekstrak Lengkuas

Olahan lengkuas untuk kesehatan berupa minuman herbal. Cara membuatnya: didihkan air sebanyak 400 m kemudian tambahkan irisan lengkuas secukupnya. Setelah mendidih selama 30 menit, saring potongan lengkuas, dan tampung dalam gelas. Terakhir, tambahkan madu sesuai selera.

Baca juga : Khasiat Minyak Cengkeh, Lindungi Gigi, hingga Redam Penuaan Kulit

2. Jamu Lengkuas

Jika kamu penyuka minuman kesehatan seperti jamu, kamu bisa mencoba membuat jamu lengkuas. Caranya siapkan ½ liter air dalam panci dan tambahkan perasan 3 buah jeruk nipis kemudian masak hingga mendidih dan air berubah menjadi warna kehijauan.

Selanjutnya tambahkan 4 potong lengkuas, 2 batang serai, 2 lembar daun peppermint yang sudah dicincang, 2 sendok teh kunyit, dan 9 tetes minyak peppermint. Kemudian masak selama 5 menit, angkat, saring lalu siap disajikan.

3. Minuman Pelega Tenggorokan dari Lengkuas

Saat kamu mengalami batuk atau sakit tenggorokan jangan keburu membeli obat, kamu dapat membuat minuman pelega tenggorokan berbahan lengkuas.

Baca juga : Menguak Khasiat Isi Mpon-Mpon yang Lagi Hits

Caranya, campurkan bubuk lengkuas atau irisan lengkuas secukupnya ke dalam air panas. Selanjutnya kamu bisa menambahkan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat dan langsung bisa kamu konsumsi saat minuman masih hangat.

Sebenarnya masih ada banyak daftar manfaat dan cara mengolah lengkuas untuk kesehatan. Poin-poin yang dipaparkan di atas menjadi manfaat dan cara paling umum untuk memaksimalkan khasiat lengkuas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu berbagai manfaat lengkuas dan cara penggunaannya untuk kesehatan tubuh. Pengobatan berbahan dasar tanaman herbal tentunya lebih aman dan pastinya mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba! (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat