visitaaponce.com

Kebun Raya Bogor, Wisata Alam Terindah di Indonesia

Kebun Raya Bogor, Wisata Alam Terindah di Indonesia
Kebun Raya Bogor(Wikipedia)

Kebun Raya Bogor diakui sejumlah orang masih menjadi salah satu objek pengelolaan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang terbaik. 

Sejumlah fasilitas menarik disediakan serta perombakan di beberapa titik yang membuatnya menjadi tempat yang asyik untuk menghabisi waktu liburan maupun berakhir pekan. Juga mendukung aktivitas keluarga, pasangan maupun acara kantor seperti gathering.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, simak informasi ini sampai akhir sebagai panduan berwisata ke Kebun Raya Bogor

Baca juga : 9 Tempat Wisata di Bogor Kekinian Untuk Liburan Akhir Pekan

Kegiatan Seru di Kebun Raya Bogor

Berkunjung ke Kebun Raya Bogor lebih daripada sekadar jalan-jalan di kebun. Ya, setelah kamu mencatat kegiatan-kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di sana seperti berikut ini, dijamin pengalaman liburan kamu akan semakin tak terlupakan.

1. Menyaksikan Sejumlah Peninggalan Sejarah Belanda

Kebun Raya Bogor adalah kawasan lama yang dibangun sejak tahun 1817 oleh Raffles yang dahulu merupakan seorang gubernur di wilayah itu. Membangun Buitenzorg yang kini dikenal sebagai Istana Bogor, serta Monumen Olivia (istri Raffles) yang romantis.

Baca juga : 3 Rekomendasi Wisata Air di Bogor, Cocok untuk Mengajak Liburan Keluarga ke Sini

Beberapa peninggalan sejarah lainnya yang wajib kamu abadikan dalam kamera, antara lain yaitu makam kuno Belanda, Museum Zoologi, Taman Teijsmann, dan Taman Sudjana Kassan. 

Terdapat kisah yang menarik di balik peninggalan-peninggalan tersebut yang informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan melalui pemandu wisata.

2.  Melihat Koleksi Tumbuhan

Baca juga : Yayasan TUS dan Pemkot Bogor Ajak Anak Thalasemia 'Me Time' di Kebun Raya

Kebun raya berdiri di atas tanah seluas 87 hektar, dengan 15.000 aneka ragam koleksi tumbuhan dan pepohonan. 

Di balik warna-warna hijau yang kamu lihat, ada banyak spesies tumbuhan istimewa di dalamnya. Cobalah pelankan langkahmu saat berjalan-jalan berkeliling dan melihat papan informasi. Pastinya, sejumlah tanaman yang ada, jarang kamu temukan di sekitar rumah. Itulah yang membuatnya istimewa. 

Tidak hanya tanaman hijau, Kebun Raya Bogor juga memiliki koleksi bunga dan tanaman berwarna. Masing-masing dikelompokkan ke dalam beberapa taman. Ada Taman Meksiko, Taman Akuatik, Griya Anggrek, Tanaman Obat & Orchidarium, Taman Sudjana Kassan, Taman Nepenthes, Taman Durian, Taman Kopi, hingga Taman Anggrek Hitam.

Baca juga :  Libur Hari Pancasila dan Waisak, 335 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

3. Merasakan Sensasi Sumur Air Kahuripan Bogor

Di tengah pemandangan yang eksotis, tersimpan sebuah sumur magis. Dikenal dengan nama Sumur Kahuripan. Airnya sangat jernih dan konon, bisa membuat awet muda. 

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak kebun raya tidak mengizinkan pengunjung memanfaatkan air untuk ritual klenik dan sejenisnya. Namun, bila kamu sekadar penasaran, boleh saja melihat dan merasakan cuci muka dengan air itu. 

Baca juga : Kendaraan Menuju Puncak Dialihkan ke Bogor

Tetap hati-hati bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Lihat dan pegang saja airnya tanpa perlu dibasuh ke muka.

4. Berkeliling dengan Bus Wisata atau Sewa

Area kebun raya yang luas, tidak mungkin kamu jelajahi seharian. Sebagai alternatif, kamu bisa menyewa aneka ragam kendaraan yang bisa mengantarmu berkeliling.

Baca juga : Harga Tiket Kebun Raya Bogor dan Cara Pesannya

1.    Golf car 4 kursi (Rp 350.000/jam) dan 6 kursi (Rp 450.000/jam)
2.    Shuttle bus untuk rombongan dengan biaya tiket Rp 35.000/orang
3.    Aneka persepedaan dan kendaraan listrik boncengan Rp 20.000-65.000/orang

Biaya yang tertera dibatasi waktu, dan hanya berlaku untuk sekali sewa. Khusus shuttle bus dan kendaraan listrik, pemakaiannya dibatasi pada hari libur untuk dilakukan perawatan ekstra.

5. Berfoto di Spot Instagramable

Baca juga : Macet Berjam-jam, Kenapa Bogor Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit Warga Jakarta?

Tidak terhitung spot foto instagramable yang ada di Kebun Raya Bogor setelah mengalami perombakan besar sejak tahun 2021. 
Beberapa di antaranya yang bisa kamu jadikan referensi, yakni pintu masuk Kebun Raya Bogor, halaman Istana Bogor, tepian danau, deretan pohon palem, Monumen Lady Raffles, Taman Bambu, Taman Meksiko, dan Danau Gunting.

6. Berpiknik Ria

Taman luas yang ada, dikelilingi pemandangan cantik menjadi lokasi yang asyik untuk berpiknik. Jika membawa makanan terlalu merepotkan, pihak kebun raya sudah menyiapkan warung-warung dengan penjual makanan ringan yang beraneka ragam. 

Baca juga : Pullman Ciawi Vimala Hills Gelar Perayaan Tahun Kelinci dengan Harapan Baru

Jadi, kamu hanya perlu membawa alasnya saja yang kemudian dimasukkan ke dalam tas. Harganya pun masih ramah di kantong, sehingga cocok untuk liburan murah.

7. Menyantap Hidangan dengan Pemandangan Hijau

Kebun Raya Bogor juga menyediakan restoran bagi kamu yang ingin menikmati hidangan dengan santai sambil menikmati pemandangan. Namanya Resto RaaSaa yang berada di dekat gerbang masuk 3 yang ada di depan Lippo Plaza Keboen Raya Bogor. 

Baca juga : Polisi Berlakukan Sistem One Way dari Arah Puncak Bogor Menuju Jakarta

Restoran tersebut memiliki kapasitas 180 pax yang berkonsep outdoor dan semi outdoor. Tersedia berbagai menu makanan Nusantara, mulai dari menu pembuka, menu utama, hingga penutup.

Restoran buka setiap hari, mulai dari jam 08.00-20.00. Kecuali akhir pekan dan Libur Nasional, dibuka lebih awal, mulai dari jam 7 pagi.

8. Belanja Oleh-oleh Bertemakan Kebun Raya

Baca juga : Nataru, Polres Bogor Siagakan 1.200 Personel dan Skenario Lalin

Kurang lengkap mengakhiri perjalanan wisata ke Kebun Raya Bogor tanpa berkunjung ke Olive Store, yakni toko di dalam area wisata yang menjual merchandise bertemakan kebun raya. 

Bukan sekadar oleh-oleh pasaran yang kamu temukan di pinggir jalan, bentuk-bentuk merchandise di sini dibuat secara khusus. Serta dipoles dengan warna-warna cantik yang membuat siapapun ingin membeli, setidaknya satu buah.

Ada pakaian, sandal, tas, mug, pajangan besar, hingga miniatur khas kebun raya. Kamu juga bisa membeli bibit tanaman hingga tanaman jadi yang unik, seperti anggrek dan kantong semar. 

Baca juga : Polisi Bongkar Kasus TPPO Bermodus Liburan ke Singapura di Parung Panjang

Informasi Tiket, Fasilitas dan Rute

Sejumlah pemandangan indah di dalam kebun raya bisa kamu nikmati hanya dengan membayar Rp 15.500 atau Rp 25.500 khusus di akhir pekan. Biaya tersebut berlaku untuk satu orang, dan belum termasuk tiket parkir. Hampir semua spot wisata bisa kamu kunjungi secara gratis, kecuali Museum Zoology yang harga tiketnya tidak berselisih banyak dengan tiket masuk kebun raya.

Bagi kamu yang belum tahu, Kebun Raya Bogor seringkali mengadakan promo di tiap bulannya yang menguntungkan. Ada promo paket gathering, promo serba berdua, promo merchandise, promo kegiatan kelas menanam, dan masih banyak lagi.

Fasilitas umum di Kebun Raya Bogor sangat lengkap. Selain tempat wisata dan kendaraan, terdapat area parkir mobil dan motor yang luas, ATM, toilet dan tempat ibadah muslim, kursi roda, tempat duduk, dan area duduk lesehan gratis.

Baca juga : Pohon Natal Tinggi 13 Meter Hiasi AEON Mall Sentul City

Perihal rute kendaraan, paling mudah dengan memesan ojek/mobile online. Ya, setelah turun dari kereta, kamu harus jalan agak jauh keluar stasiun. Jika ingin mencoba naik angkot, naiki mobil bernomor 02 atau 03, lalu turun di gerbang utama yang berada di depan Jalan Suryakencana.

Bagi pengendara motor, hanya bisa masuk melalui gerbang utama. Sedangkan berkunjung dengan mengendarai mobil pribadi bisa melalui gerbang utama dan gerbang 3, kecuali kendaraan besar seperti bus atau rombongan harus tetap melalui gerbang utama.

Tips Berwisata ke Kebun Raya

Menerapkan beberapa tips berikut akan memperlancar kegiatan wisata kamu di Kebun Raya Bogor.

1.    Waktu terbaik ke Kebun Raya Bogor antara jam 6-8 pagi dan 3-5 sore dan bukan pada akhir pekan atau hari libur.  
2.    Kenakan outfit nyaman, dan tidak lupa membawa perlengkapan perlindungan matahari seperti tabir surya, kacamata dan topi.
3.    Menyewa pemandu wisata.
4.    Memfoto peta kebun raya dan sudah merencanakan perjalanan wisata, mengingat area kebun raya sangat luas.
5.    Membawa makanan dan minuman.
6.    Menjaga kebersihan lingkungan.

Yuk rencanakan liburanmu, dan jelajahi Kebun Raya Bogor untuk mengenal lebih banyak jenis-jenis tumbuhan di dalamnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat