visitaaponce.com

Harga Tiket Kebun Raya Bogor dan Cara Pesannya

Harga Tiket Kebun Raya Bogor dan Cara Pesannya
Pengunjung mengamati salah satu koleksi tumbuhan kantong semar (Nepenthes) di Taman Nepenthes, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.(Antara/Arif Firmansyah.)

SELALU menjadi primadona di Bogor, ternyata Kebun Raya Bogor tidak hanya menyuguhkan area untuk konservasi, lho. Di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menarik yang cocok untuk melepas segala kepenatan. 

Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Tiket masuk Kebun Raya Bogor

Tempat wisata Kebun Raya Bogor beralamat di Jalan Ir H Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Tempat wisata ini buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, dan pada Sabtu, Minggu, atau Hari Libur Nasional pukul 07.00-16.00.

Baca juga: Macet Berjam-jam, Kenapa Bogor Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit Warga Jakarta?

Untuk harga tiket masuknya, pada hari Senin-Jumat yaitu Rp16.500. Sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional memiliki tarif sebesar Rp26.500.

Ada apa saja di Kebun Raya Bogor?

Dilansir dari kebunraya.id, berikut beberapa taman dan spot menarik yang bisa dijumpai.

1. Taman Teijsmann.

Taman Teijsmann dibangun pada 1884 oleh DR. Melchior Treub sebagai bentuk penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas jasa-jasanya terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor. Di pusat taman ini, berdiri tegak tugu peringatan bagi Teijsmann. Tugu terbuat dari batu granit yang khausus didatangkan dari Berlin, Jerman.

Baca juga: Pecinta Alam, Wajib Kunjungi Tempat-Tempat Ini di Semarang

2. Taman Soedjana Kassan.

Taman Soedjana Kassan dibangun pada 18 Mei 1985 sebagai penghargaan terhadap Sudjana Kassan, salah seorang kurator di Kebun Raya Bogor pada 1949-1959. Beliau kemudian menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor (1959-1969). Di taman ini terdapat patung Soedjana Kassan serta permadani rumput dan hiasan bunga-bunga yang cantik.

3. Taman Orchidarium.

Taman Orchidarium merupakan taman koleksi yang dibuat menyerupai habitat asli dimana tanaman anggrek hidup.

4. Taman Obat.

Kebun Raya Bogor juga memiliki taman koleksi obat yang terdiri dari berbagai macam jenis tanaman. Pengunjung bisa mengetahui jenis dan fungsi dari masing-masing tanaman obat dengan membaca papan informasi yang ada di beberapa koleksi tanaman obat.

5. Taman Nepenthes.

Taman Nepenthes merupakan taman konservasi binaan Pertamina yang berada di wilayah Kebun Raya Bogor.

6. Taman Meksiko.

Taman Meksiko merupakan taman koleksi tanaman kaktus yang terdapat di Kebun Raya Bogor.

7. Taman Bambu.

Taman Bambu merupakan taman koleksi yang berisikan berbagai macam jenis tanaman bambu. Salah satunya yang hidup taman ini ialah tanaman bambu Dendrocalamus gigantius Munro dan Dendrocalamus asper (schult).

8. Taman Astrid.

Taman ini dibangun pada 1929 dalam rangka menyambut kedatangan Ratu Astrid asal Belgia yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

9. Taman Araceae.

Selain menonjolkan aspek estetika, taman tematik Araceae dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi bagi pelajar maupun pengunjung lain.

10. Taman Anggrek Hitam.

Taman Anggrek Hitam merupakan taman konservasi binaan Pertamina yang berada di wilayah Kebun Raya Bogor.

11. Taman Akuatik.

Taman Akuatik ialah taman koleksi Kebun Raya Bogor yang berisi beragam tanaman berhabitat di air. Misalnya tumbuhan air tergenang, tumbuhan air mengapung, tumbuhan air terendam sempurna, tumbuhan air campuran, dan tumbuhan tepi air.

12. Pemakaman kuno Belanda.

Salah satu area bersejarah di Kebun Raya Bogor ialah Komplek Pemakaman Belanda Kuno. Kompleks permakaman ini merupakan akam-makam para tokoh yang mengabdikan hidupnya untuk Kebun Raya Bogor.

13. Museum Zoologi.

Selain memiliki berbagai koleksi tanaman dan suasananya yang natural, Kebun Raya Bogor memiliki museum fauna. Di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan.

14. Monumen Tugu Dua Abad.

Tugu Dua Abad Kebun Raya Bogor dibangun untuk memperingati Dua Abad Kebun Raya Bogor.

15. Monumen Reinwardt.

Tugu Reinwardt dibuat untuk mengenang dan sekaligus sebagai bentuk penghargaan terhadap dirinya yang telah merintis Kebun Raya Bogor pada masa jayanya.

16. Griya Anggrek.

Griya Anggrek merupakan tempat display anggrek-anggrek spesies dan anggrek hibrida yang sedang berbunga.

17. Ecodome.

Ecodome merupakan bangunan artistik yang menjadi tempat tanaman-tanaman ditata sedemikian rupa.

18. Monumen Lady Raffles.

Tugu Lady Raffles terletak tidak jauh dari pintu utara Kebun Raya Bogor. Lady Raffles atau Olivia Mariamne ialah istri dari Sir Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Inggris di Pulau Jawa (1811-1816). Ini dibangun untuk mengenang istrinya yang meninggal pada 20 November 1814 di Bogor pada usia 43 tahun karena menderita penyakit malaria.

19. Monumen JJ Smith.

Tugu JJ Smith atau Johannes Jacobus Smith ialah tugu peringatan yang didirikan untuk mengenang jasa tokoh JJ Smith. Beliau merupakan ahli botani berkebangsaan Belanda kelahiran Antwerp pada 1867.

20. Kolam Gunting.

Kolam Gunting berfungsi sebagai area ekosistem tanaman air dengan berbagai jenis populasi ikan air tawar di dalamnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat