visitaaponce.com

Menguak Khasiat Isi Mpon-Mpon yang Lagi Hits

Menguak Khasiat Isi Mpon-Mpon yang Lagi Hits
Ramuan mpon-mpon kini banyak diandalkan orang untuk meningkatkan imun tubuh.(Unsplash/ Hillary Hanh)

SELAIN berupaya menjaga kebersihan, di musim wabah COVID 19 ini masyarakat juga berupaya mengambil langkah preventif dengan cara menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Salah satunya ialah dengan mengkonsumsi minuman herbal Mpon-Mpon, yang merupakan rangkaian rempah-rempah mengandung curcumin dan magnesium seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, dan sereh. 

Terdiri dari apa saja ramuan tradisional khas Indonesia tersebut, dan apa masing-masing khasiatnya? Berikut penjelasannya. 

1. Jahe

Rempah yang telah lama populer menjadi minuman herbal itu diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Selain sifatnya yang dapat menghangatkan tubuh, tanaman yang masuk dalam anggota Zingiberanceae itu juga memiliki kandungan antibiotik alami.  

Ada tiga jenis jahe yang kerap ditemui di Indonesia yakni jahe merah, jahe kuning, jahe gajah atau jahe badag, dan jahe emprit atau jahe putih. 
 
Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, sistem daya tahan tubuh dapat terjaga tetap prima.

Mengutip Halodoc, hal itu disebabkan karena jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium, yang berkhasiat membantu tubuh memperkuat sistem imun.

Tak hanya itu, jahe juga dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh karena kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang ada di dalamnya. 

Baca juga: Catat, Ini Lima Khasiat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan

2. Temulawak

Meskipun dikenal luas sebagai rempah yang berkhasiat meningkatkan napsu makan, rempah satu ini juga tak kalah berkhasiatnya dari jahe dalam hal meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh.

Kandungan kurkumin yang melimpang dalam temulawak, merupakan faktor penting dalam proses pembentukan imunitas tubuh.

Tanaman asli Indonesia yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza (Javanese Turmeric) itu juga kaya akan antioksidan dan berkhasiat sebagai anti-inflamasi. 

3. Kunyit

Curcuma longa Rempah yang akrab dijadikan sebagai bumbu dapur itu juga diyakini kaya manfaatnya bagi tubuh.

Mengutip Medical News Today, oleh para ilmuwan kunyit disebut bermanfaat sebagai obat anti-kanker berkat kandungan curcumin di dalamnya. 

Adapun dilansir Emedihealth, curcumin yang ada di kunyit juga berkhasiat dalam membantu meningkatkan proses penyembuhan luka, di samping sifat antiseptik dan antibakterinya.

Di samping anti-kanker, berbagai hasil uji praklinis dari The AAPS Journal juga melaporkan efektivitas kunyit terhadap penyakit peradangan, seperti penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, diabetes, dan lainnya. 

Baca juga: Tujuh Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

3. Kayu manis

Di samping kepopulerannya akan aromanya yang khas, rempah yang berasal dari kulit kayu pohon Cinnamomum juga memilki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Mengutip Medical News Today, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam kayu manis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, anti-diabetik, anti-mikroba, anti-kanker, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sementara dilansir Emedihealth, kayu manis juga berkhasiat untuk membantu menjaga gula darah, mengurangi sakit saat menstruasi, hingga  menjaga kesehatan saraf dan otak. 

4. Sereh

Tanaman yang kerap dijadikan bumbu dapur tersebut, menyimpan kekayaan khasiat bagi tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti Vitamin A, B, dan C Magnesium, Fosfor, Zinc, Zat Besi, dan Selenium dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan dan jaringan tubuh.

Adapun mengutip Times of India, Sereh berkhasiat sebagai anti-bakteri atau jamur dan membantu menyembuhkan pilek, batuk, flu, dan sumbatan umum karena polutan udara. 

Sereh juga berfungsi sebagai anti-inflamasi, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, aromanya yang wangi membuat sereh berkhasiat sebagai aromaterapi guna mengurangi stres, sakit kepala, sulit tidur, serta meningkatkan hormon serotonin sehingga dapat membangkitkan suasana hati. (M-1)

Baca juga: Tidak Hanya untuk Melancarkan Asi, Ini 5 Khasiat Daun Katuk

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat