visitaaponce.com

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan dan Cara Konsumsi

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan dan Cara Konsumsi
Manfaat Daun Sirih Cina untuk kesehatan, cara mengonsumsi daun sirih cina(Dok. Halodoc)

DAUN sirih cina atau dikenal sebagai Peperomia pellucida, ialah tumbuhan yang termasuk dalam famili Piperaceae atau biasa dikenal sebagai ketumpang air. Tumbuhan ini umumnya dianggap sebagai gulma karena sering tumbuh di daerah lembap seperti pematang sawah yang memiliki kandungan air.

Namun, daun sirih cina memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Daun sirih cina mengandung zat-zat anti-kanker, antioksidan yang kuat, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca juga: Manfaat Tanaman Lengkuas dari Akar hingga Daun untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, daun ini juga kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, dan nutrisi penting lainnya. Karena kandungan inilah, daun sirih cina kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Manfaat Daun Sirih Cina

1. Mengatasi Masalah Sakit Kepala

Baca juga: Ini Manfaat Mengonsumsi Teh Bawang Putih

Apabila Anda mencari cara alami untuk meredakan sakit kepala, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan daun sirih cina. Tumbuhan ini memiliki efek analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri, termasuk sakit kepala.

2. Menurunkan Demam

Saat mengalami demam, daun sirih cina bisa menjadi opsi pengobatan alternatif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih cina dalam kombinasi dengan green chiretta memiliki efek antipiretik yang serupa dengan parasetamol. Namun, efek ini baru teruji pada hewan dan belum pasti apakah efeknya sama pada manusia.

3. Meredakan Gejala Diare

Dikatakan bahwa daun sirih cina dapat membantu meredakan gejala diare. Ini mungkin disebabkan oleh kandungan zat aktif di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan dan efek antidiare.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka terbuka atau luka bakar ringan juga bisa diobati dengan menggunakan daun sirih cina. Kandungan antiinflamasi dan antihemoragik pada tumbuhan ini dapat membantu menghentikan perdarahan dan mencegah peradangan. Senyawa saponin dalam daun sirih cina juga memiliki sifat antiseptik yang mendukung penyembuhan luka.

5. Meredakan Masalah Mata

Sejak lama, daun sirih cina telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik. Meskipun sampai saat ini penyakit mata ini umumnya tidak bisa diobati dengan herbal, daun sirih cina memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi konjungtivitis.

6. Mengurangi Gejala Asam Urat

Untuk penderita asam urat, daun sirih cina bisa membantu meredakan gejala. Penelitian menunjukkan bahwa kelompok flavonoid quercetin dalam daun sirih cina dapat menghambat produksi asam urat dalam tubuh, membantu mencegah serangan asam urat.

7. Mencegah Peradangan Paru-paru

Sifat antibakteri pada daun sirih cina efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri seperti Pseudomonas Aeruginosa dan Klebsiella Pneumoniae, yang dapat menyebabkan peradangan paru-paru seperti pneumonia.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi, daun sirih cina dapat menjadi pilihan dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Antioksidan alami dalam daun ini terbukti lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah daripada sumber protein hewani.

9. Melawan Radikal Bebas

Daun sirih cina mengandung berbagai antioksidan seperti polifenol, tanin, dan flavonoid. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, membantu menjaga kesehatan sel dan mengurangi risiko kanker.

Cara Mengonsumsi Daun Sirih Cina

Menurut dr. Danang, mengonsumsi daun sirih cina cukup mudah, yakni dengan merebus dan menyaringnya. Caranya adalah sebagai berikut:

- Campurkan 15-30 gram daun sirih cina dengan 1 liter atau 5 gelas air.
- Rebus campuran ini selama 15 menit.
- Saring dan dapatkan sekitar tiga gelas air rebusan.
- Minumlah ramuan ini pada pagi, siang, dan malam.

Efek Samping Daun Sirih Cina

Meski memiliki banyak manfaat, daun sirih cina juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa efek samping yang perlu diperhatikan:

- Dapat mengganggu pencernaan.
- Bisa memicu reaksi alergi.
- Berpotensi menyebabkan gejala asma.
- Sebaiknya dihindari selama kehamilan atau menyusui karena dapat mengganggu sintesis prostaglandin.
- Penderita reaksi hipersensitivitas sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirih cina. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat