visitaaponce.com

FLS2N 2023 Ajang Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Seni Dan Budaya Indonesia

FLS2N 2023 Ajang Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Seni Dan Budaya Indonesia
Pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023 tingkat SMA dan SMK 2023.(HO)

FESTIVAL dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023 tingkat SMA dan SMK 2023 merupakan wujud nyata impementasi kebijakan manajemen talenta nasional di bidang seni dan budaya, serta pelaksanaan merdeka belajar.
Melalui ajang ini, diharapkan menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap seni dan budaya Indonesia yang adiluhung, unik dan menumbuhkan semangat untuk melestarikan dan mengembangkannya.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek Asep Sukmayadi saat penutupan FLS2N 2023 jenjang SMA dan SMK, di Jakarta, Jumat (25/8). "Ini seiring dengan kebijakan manajemen talenta nasional khususnya di bidang seni budaya, keberadaan FLS2N menjadi semakin penting sebagai ajang untuk memindai talenta-talenta seni dan budaya, bibit-bibit unggul bidang seni kreatif yang menjadi keunggulan Indonesia," tandas Asep Sukmayadi.

Sedangkan Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yulianti mengatakan pemerintah melalui Kemendikbudristek sangat berkomitmen membangun manajemen talenta guna menyiapkan generasi muda Indonesia menjadi calon pemimpin masa depan yang akan menjaga kekayaan budaya Indonesia

Dikatakan, prioritas pemerintah dalam memetakan manajemen talenta melalui konsep merdeka belajar salah satunya seni budaya ini adalah untuk melahirkan generasi penerus bangsa. "Saya berharap pengalaman selama mengikuti rangkaian kegiatan dalam festival dan lomba ini dapat memperkaya dan memberikan bekal kompetensi bagi seluruh peserta khususnya para pelajar dari seluruh Tanah Air," jelasnya.

Budayawan senior Jose Rizal Manua yang menjadi salah satu juri yang terlibat dalam FLS2N 2023 tingkat SMA menilai ajang ini merupakan wadah untuk mengekspresikan potensi siswa. Ia berpesan para peserta dapat terus memupuk mengekspresikan semua bakat dan potensi dalam diri dan berproses di dalam bidang apapun.

Juri lainnya,Lina Yusuf berharap para peserta yang antusias mengikuti festival dan kembali ke daerah masing masing dapat menginspirasi. " Sejatinya kalian semua adalah para juara di babak final FLS2N ini," kata Lina yang menjadi juri bidang jurnalistik.

Rangkaian FLS2N  2023 ini dimulai dari penyeleksian di tingkat  kabupaten/kota dan di tingkat provinsi. Peserta terbaik di level provinsi kemudian melaju ke tingkat nasional yakni ke babak semifinal dan grandfinal.

Tahapan semifinal dilaksanakan secara daring pada tanggal 5-9 agustus 2023 serentak untuk seluruh jenjang dengan jumlah 5.841 peserta. Mereka adalah peserta yang terpilih dari 165.634 siswa yang mendaftar secara online di tingkat daerah. Mereka berasal dari 38.579 sekolah di 454  kabupaten/kota di 38 provinsi serta 8 sekolah Indonesia di luar negeri. Dalam penyelenggaraan FLS2N tahun ini, Kemendikbudristek juga menggandeng PT Pembangunan  Jaya Ancol Tbk.

Tim juri FLS2N 2023 di jenjang SMA antara lain Fatin Hamama Rijal Syam (Baca Puisi/Komunitas Puisi Essay), Josephine Alexandra (Instrumen Solo:Gitar/ IKJ), Iman Soleh (Monolog/Celah-Celah Langit), Nungki Kusunastuti (Tari Kreasi/IKJ), Dian Hadi Pranowo (Menyanyi Solo/Musisi), Surianto Rustan (Desain Poster/Praktisi), Agni Ariatama (Film Pendek/IKJ), Hendy Nansha (Kriya/ITB), Endah Widiastuti (Cipta Lagu/Musisi), dan Iman Sujudi (Komik Digital/Amphibi Studio).

Sedangkan di jenjang SMK juri yang terlibat antara lain Ketut Sumerjana (Instrumen Solo: Gitar/ISI Denpasar, Barly Juan Fibriadi (Film Pendek/Indonesian Cinematographer Society), Rita Ch Parinduri (Monolog/Teater Koma), Indah Harie Joeliati (Tari Kreasi/Dedy Luthan Dance Company Jakarta), Suhendi Afryanto (Musik Tradisi Daerah/Komunitas Karawitan Indonesia), Danang Guritno (Cipta Lagu/Java Ensembel & Orchestra), dan Maria Giri Pratiwi (Cipta Lagu/UMA Artspace).

Bidang lainnya menghadirkan para juri antara lain Lina Yusuf (Jurnalistik/IPMI International Business School), Priadi Soefjanto (Fotografi/Proffesional Photographer Association), dan Maya Lestari (Cerita Pendek/ Selingkar Yogyakarta) sebagai deretan para jurinya.

Peraih medail emas FLS2N 2023 yang mengusung tema 'Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi' untuk jenjang SMA antara lain Alphatar Magnus JT (SMAS Kanisius Jakarta) meraih emas cipat lagu, Nara Nayla Nazwa, SMAN 1 Kota Serang, Banten, Desain Poster), Yosua Malmsteen (SMAK St. Agustinus, Jatim, Instrumen Solo Gitar), Zivara In Remazaya (SMAN 1 Padang Panjang, Sumbar, Tari Kreasi), Fitrah Mayshalna G (SMAN 1 Lembang, Jabar, Monolog), serta Tasya Susana Bela (SMAN 1 Abung Tengah, Lampung, Jurnalistik).

Sedangkan peraih emas jenjang SMK antara lain I Gede Nayaka Farrell A (SMKN 2 Kasihan, DIY, Instrumen Solo Gitar), Lutfan Rino Areza (SMKN 1 Kasihan, DIY, Tari Kreasi), Jesse Gracia San N (SMKN 12 Surabaya, Jatim, Cipta Lagu), Lucyansyah Noor (SMKN 58 Jakarta, Kriya), Tiara Handawati (SMKN 13 Jakarta, Monolog, serta Nayla Rifka An Abrah (SMKN 2 Gowa, Sulsel, Menyanyi Solo. Adapun gelar juara umum FLS2N 2023 diraih Jateng. (R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat