visitaaponce.com

Inilah Penyebab Dahak dan Cara Mengusirnya

Inilah Penyebab Dahak dan Cara Mengusirnya
Saat terjadi infeksi saluran pernafasan kita sering mengeluarkan dahak. Apa penyebab dan cara mengusirnya? Simak penjelasan berikut.(Freepik)

DAHAK adalah cairan lendir kental yang terdapat dalam saluran pernapasan atas ketika tubuh sedang mengalami infeksi. Salah satu infeksi yang dapat menimbulkan dahak adalah penyakit flu atau radang tenggorokan. 

Adapun fungsi dahak atau lendir adalah menangkap debu, alergen, dan virus agar tidak masuk ke saluran pernapasan. Selain itu, dahak juga berfungsi untuk melindungi jaringan pada dinding saluran pernapasan, serta untuk menjaga kelembabannya.

Namun, adanya dahak yang menyumbat saluran pernapasan tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika lendir muncul secara berlebih, berbentuk kental dan sulit keluar.

Baca juga: Waspada Gejala Batuk Saat Cuaca Buruk

Apa Penyebab Dahak Berlebih?

Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa memicu produksi lendir berlebih, seperti:

Baca juga: Anak Batuk? Cukupi Kebutuhan Airnya

  • Refluks asam.
  • Alergi.
  • Asma.
  • Infeksi, seperti flu atau radang tenggorokan. 
  • Penyakit paru-paru, seperti bronkitis kronis, pneumonia, cystic fibrosis, dan COPD (penyakit paru obstruktif kronik).
  • Produksi lendir yang berlebihan juga dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan tertentu, seperti:
  • Lingkungan dalam ruangan yang kering.
  • Konsumsi air dan cairan lain yang rendah.
  • Konsumsi minuman yang dapat menyebabkan kehilangan cairan. Misalnya seperti kopi, teh, dan alkohol.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat KB tertentu, dan ACE Inhibitor. 
  • Kebiasaan merokok yang dapat mengiritasi tenggorokan dan hidung. 

Cara Mengusir Dahak di Tenggorokan secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak, terutama saat mengalami batuk berdahak. Berikut ini adalah cara mengusir dahak di tenggorokan secara alami yang bisa Anda coba:

1. Minum banyak air

Minum banyak air, terutama air hangat, dapat mengencerkan dahak dan melegakan saluran pernapasan. Selain air putih, campuran air hangat dan jeruk nipis juga bisa menjadi pilihan.

2. Konsumsi makanan pedas

Cara mengusir dahak di tenggorokan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas mengandung capcaisin yang diduga mampu mengeluarkan dahak, sehingga napas pun terasa lebih lega.

3. Konsumsi minuman dan makanan berkuah hangat

Minuman atau makanan berkuah hangat juga dapat menjadi cara mengusir dahak di tenggorokan. Teh hangat dan sup ayam adalah contoh sederhana yang bisa dijadikan pilihan untuk mengeluarkan dahak secara alami. Anda juga bisa menghirup uap hangat dari teh dan sup untuk melegakan pernapasan.

4. Minum air campuran madu dan lemon

Madu diketahui memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang bermanfaat untuk mengusir dahak di tenggorokan yang tidak hilang-hilang. Untuk mengusir dahak, Anda hanya perlu mencampurkan air perasan lemon dan 1–2 sendok teh madu dalam air hangat. Campuran madu dan lemon ini memiliki efek yang sama dengan obat batuk.

5. Kumur dengan air garam

Secangkir air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam bisa juga digunakan sebagai cara mengusir dahak di tenggorokan. Cukup gunakan air garam untuk berkumur-kumur selama 30–60 detik sambil menengadahkan kepala. Cara ini bisa Anda ulangi sesuai kebutuhan.

6. Konsumsi suplemen herbal

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa suplemen dengan kandungan tanaman herbal, seperti ginseng, jahe, bawang putih, echinacea, akar manis, delima, atau buah beri, dapat mencegah dan mengatasi gangguan pernapasan akibat infeksi virus.

7. Hirup uap hangat

Salah satu cara untuk melegakan pernapasan sekaligus mengencerkan dahak adalah dengan menghirup uap hangat. Anda juga bisa menggunakan alat pelembap ruangan atau humidifier, mandi air hangat beruap, atau bernapas menggunakan waslap basah hangat untuk mendapatkan efek yang serupa.

Jika cara mengusir dahak di tenggorokan secara alami tidak efektif, Anda dapat mengonsumsi obat batuk berdahak. Namun, bila batuk berdahak tidak juga membaik setelah konsumsi obat-obatan atau disertai gejala lain, seperti nyeri dada dan sesak napas, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Z-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat