visitaaponce.com

FWD Insurance Luncurkan Program Tingkatkan Kesehatan Mental Masyarakat

FWD Insurance Luncurkan Program Tingkatkan Kesehatan Mental Masyarakat
Chief Financial Officer PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) Desy Widjaya (tengah).(Ist)

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) baru-baru ini memperkenalkan layanan Program Dukungan FWD Mind Strength (FWD Mind Strength),  sebuah platform solusi kesehatan mental digital pertama yang dikeluarkan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.

Melalui FWD Mind Strength memungkinkan masyarakat Indonesia memperkuat mental secara proaktif, privat, dan positif.

"Program dukungan ini merupakan hasil pengembangan dan kolaborasi antara FWD Insurance dengan penyedia layanan kesehatan mental digital berskala internasional," kata Direktur FWD Insurance, Desy Natalia Widjaya, dalam keterangan, Kamis (31/8).   

Baca juga: FWD Insurance Hadirkan Teknologi Digital untuk Perluas Inklusi Keuangan

Program ini dapat diakses oleh siapa saja baik nasabah maupun non-nasabah FWD Insurance melalui tautan fwd.co.id/mindstrength di mana masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan sejumlah layanan.

Pertama, layanan pemeriksaan kondisi mental hanya dalam hitungan menit, melalui Mind Strength Assesment: kuesioner pemeriksaan sederhana dan tervalidasi secara ilmiah yang dikembangkan oleh Koa Health, penyedia layanan kesehatan mental digital.

"Pemeriksaan ini akan memperlihatkan hasil skor Mind Strength dan menunjukkan opsi dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan mental," kata Desy.

Baca juga: Prudential dan Standard Chartered Pasarkan PAYDI untuk Nasabah Priority 

Kedua, layanan berbicara dengan ahli di bidang kesehatan mental, melalui Mind Guidance Sessions: sesi percakapan melalui chat secara privat dengan ahli kesehatan mental melalui aplikasi ThoughtFull.

"Pengguna dapat memilih ahli dan bahasa yang dikehendaki, serta dapat memiliki beberapa sesi selama satu bulan tanpa biaya tambahan - di mana saja, kapan saja, semuanya dapat dilakukan dari telepon genggam," jelasnya.

Ketiga, pelajari cara memperkuat mental melalui materi-materi yang tersedia di website FWD Mind Strength, seperti video latihan meditasi qigong mudah yang dipandu oleh Vitayanti Wardoyo, instruktur bersertifikat Bali Qigong Academy dari Hening Space, serta berbagai artikel tentang menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Waspada, Aktivitas Digital dapat Pengaruhi Kesehatan Mental

"FWD Insurance akan terus mengembangkan program FWD Mind Strength dengan layanan inovatif terbaru serta konten-konten secara berkelanjutan. Layanan ini ke depannya juga akan terhubung dengan manfaat asuransi yang disediakan oleh FWD Insurance," jelasnya.

Betapa Pentingnya Kesehatan Mental

Desy mengatakan,“Masyarakat Indonesia semakin sadar betapa pentingnya kesehatan mental. Perubahan ini dimulai bahkan sebelum pandemi."

"Namun karena stigma budaya dan sosial yang terkait dengan kesehatan mental, masyarakat masih ragu untuk berbuat lebih banyak," ucapnya.

Ajak Orang Indonesia Proaktif pada Kesehatan Mental

"FWD Insurance percaya bahwa kami harus melakukan sesuatu secara berbeda agar orang Indonesia lebih proaktif terhadap kesehatan mental mereka. Program dukungan ini sejalan dengan visi kami untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi,” terangnya.

Desy menambahkan,“Pertama, kami membingkai ulang kesehatan mental dengan memberikan asosiasi yang positif."

"Kemudian kami memperkenalkan program dukungan gratis ini untuk menghilangkan semua hambatan bagi orang untuk mengakses dukungan yang mereka butuhkan. Terakhir, kami berkolaborasi dengan ahli di bidang kesehatan mental di Indonesia,” terangnya.

Baca juga: Layanan Kesehatan Jiwa Harus Mudah Diakses dan Ikuti Perkembangan Teknologi

Peluncuran ini merupakan kelanjutan dari Survei Kesehatan Mental Internasional yang dilakukan FWD Group pada tahun 2022, yang mewawancarai lebih dari 10.000 orang di 16 pasar internasional, termasuk di Indonesia.

Survei menemukan bahwa 67% orang di Indonesia percaya kesehatan mental akan menjadi salah satu masalah paling kritis di tahun-tahun mendatang, namun hanya sepertiga yang bersedia mencari dukungan eksternal dan lebih memilih untuk membantu diri sendiri (self help).

“Indonesia kini bergabung dengan Hong Kong, Thailand, dan Malaysia sebagai pasar keempat yang memperkenalkan layanan dukungan kesehatan mental dari FWD Group," katanya.

"Ini adalah inisiatif penting dan kami yakin akan bermanfaat tidak hanya bagi nasabah kami, tetapi seluruh masyarakat Indonesia," ucap Desy.

"Tahun ini juga menandai peringatan 10 tahun kami (1OxFWD), jadi kami sangat senang merayakannya dengan memberikan pelayanan bagi masyarakat, yang bertujuan untuk memperkuat mental merekasecara proaktif, privat, dan positif.” tutup Desy.(RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat