visitaaponce.com

Pengertian Yaumul Mizan dan Dalil-Dalil Terkait

Pengertian Yaumul Mizan dan Dalil-Dalil Terkait
Ilustrasi.(DOK MI.)

YAUMUL Mizan ialah salah satu tahap dalam kehidupan akhirat yang terjadi setelah hari kiamat. Sebagai umat Islam, kita juga harus percaya pada kehidupan setelah kematian, yaitu kehidupan di akhirat. 

Beriman pada Hari Kiamat ialah salah satu dari lima rukun iman yang harus diyakini oleh umat Islam.

Dalam QS Al-A'raf ayat 187 tertulis:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, "Bilakah terjadinya?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-hara bagi makhluk) yang di langit dan bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat ada di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS Al-A'raf: 187)

Baca juga: Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam dan Tanda-Tandanya

Yaumul Mizan sering disebut sebagai hari penimbangan. Saat itu amal baik dan buruk manusia selama hidupnya akan ditimbang dan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Semua perbuatan manusia akan ditimbang dengan adil, sehingga semua orang akan mendapatkan balasan sesuai perbuatannya. Timbangan keadilan Allah sangat akurat, sehingga tidak ada yang akan dianiaya. Semua akan mendapatkan balasan yang sesuai.

Berdasarkan hasil penimbangan Yaumul Mizan, Allah akan memberikan balasan yang setimpal. Bagi mereka yang amal baiknya lebih berat, Allah akan memberikan Surga. Sedangkan bagi yang lebih berat amal buruknya, mereka akan mendapat siksaan sesuai perbuatan.

Baca juga: Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra serta Tanda-Tandanya

Menurut tafsir ulama, binatang juga akan mendapatkan balasan sesuai perbuatan mereka di Yaumul Mizan. Setelah penimbangan, semua manusia akan melewati jembatan sirath yang akan membawa mereka ke surga atau neraka. Jembatan ini sangat tajam dan tipis. Cara melewatinya akan bergantung pada amal perbuatan mereka.

Dalil beriman kepada Yaumul Mizan

Berikut beberapa bukti yang berkaitan dengan Yaumul Mizan.

1. Dalam Al-Qur'an Surah Al-A'raf (7:8-9) disebutkan bahwa amal seseorang akan ditimbang pada hari kiamat dan mereka yang amalannya kurang baik akan merugi.

2. Dalam Al-Qur'an Surah Al-Qari'ah (101:6-9) ditegaskan bahwa mereka yang memiliki timbangan amal yang berat akan mendapatkan kebahagiaan, sedangkan mereka yang memiliki timbangan amal yang ringan akan menderita dalam neraka Jahannam.

3. Hadis riwayat Abu Hurairah menekankan pentingnya akhlak baik dalam menentukan timbangan amal seseorang di Hari Kiamat.

Poin-poin di atas menunjukkan pentingnya Yaumul Mizan dalam Islam. Amal perbuatan seseorang akan dinilai secara adil. Amalan yang baik dan berat akan membawa kebahagiaan, sementara amalan yang buruk dan ringan akan berujung pada penderitaan. Oleh karena itu, umat Islam harus berhati-hati dengan amal perbuatan dan perilaku mereka agar siap menghadapi Yaumul Mizan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat