visitaaponce.com

Jokowi Lahan Perhutanan Sosial Harus Ditanami, Saya akan Cek

Jokowi: Lahan Perhutanan Sosial Harus Ditanami, Saya akan Cek
Presiden Joko Widodo atau Jokowi(MI/Indriyani Astuti)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan agar para penerima Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial untuk memanfaatkan lahan itu secara produktif. Presiden menyebut distribusi lahan untuk perhutanan sosial telah mencapai 6,3 juta hektare (Ha).

Hal itu disampaikan presiden saat membuka acara Festival Lingkungan Iklim Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Senayan, Jakarta, Senin (18/9).

"Saya sangat senang sekarang ini perhutanan sosial dan hutan adat tadi sudah disampaikan yang dibagi sudah 6,3 juta hektar," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Ancaman Perubahan Iklim Semakin Nyata

Pada kesempatan itu, Jokowi memberikan secara simbolis SK Perhutanan Sosial dan mengecek para penerima sertifikat SK Perhutanan Sosial dan Tanah Reforma Objek Agraria (TORA). TORA adalah tanah yang dikuasai oleh negara dan/atau tanah yang telah dimiliki oleh masyarakat untuk diredistribusi atau dilegalisasi.

"Pada yang sudah menerima? bisa diangkat? bisa ditunjukkan? bawa betul-betul sudah bapak ibu terima semua sudah? sudah terima semuanya? oh yang di atas itu juga. Diangkat. Semuanya diangkat biar keliatan ini sudah bapak ibu terima semuanya. Tapi kalau sudah terima, saya juga akan cek apakah digunakan secara produktif atau tidak. Jangan hanya mau terima ternyata ditelantarkan. Harus ditanami, harus produktif. Setuju? Yang tidak produktif dicabut setuju? Saya dengar setuju semua loh ini," ujarnya. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat