visitaaponce.com

Dikdasmen Muhammadiyah Aceh Luncurkan Digitalisasi EduMU

Dikdasmen Muhammadiyah Aceh Luncurkan Digitalisasi EduMU
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dan peluncuran EduMu pada 23-25.September.2023..(Ist/Dikdasmen Muhammadiyah)

MAJELIS Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Nonformal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dan meluncurkan program digitalisasi sekolah menggunakan learning management system Edukasi Digital Muhammadiyah (EduMu) pada 23-25.September.2023.

Ketua PWM Aceh Malik Musa menegaskan bahwa Muhammadiyah yang berkemajuan harus mampu menampilkan sekolah Muhammadiyah yang unggul dan diminati masyarrakat Aceh. “Ini menjadi hal yang harus dibahas tuntas dalam Rakerwil ini,” tegasnya. 

Sementara Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib mendorong kepala sekolah untuk all out mengembangkan sekolahnya.

Baca juga:  Ketum PP Muhammadiyah: Capres Harus Miliki Jiwa Keagamaan dan Jiwa Nasionalisme yang Kuat

“Kita harus memandang sekolah ini seperti pohon, yang kalau disiram terus akan berbuah dan membawa keteduhan, namun kalau dibiarkan kering jangankan menghasilkan buah yang dapat kita makan bersama, namun juga akan panas untuk kita berteduh,” ujarnya.

Kepala SDIT Muhammadiyah Bireuen Rizki Dasilva berbagi pengalaman manfaat menggunakan EduMu di sekolahnya.

“EduMu ini media yang memudahkan kita melakukan proses belajar dan mengajar. Kita harus juga mengajarkan anak-anak kita sesuai zamannya sebagaimana disampaikan Ali bin Abi Thalib,” ujar Rizki.

Wakil  Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman menambahkan bahwa EduMu dikembangkan untuk memberikan wajah baru bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Baca juga: Sujud Syukur Satu Abad Pondok Modern Darussalam Gontor

“Sehingga sebagai sekolah berbasis masyarakat memiliki added values yang ditawarkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada penutupan, Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Didik Suhardi mengajak para kepala selolah untuk tidak ragu menggunakan EduMu. 

“Banyak sekali manfaatnya. Salah satunya paperless, tidak perlu lagi menggunakan kertas saat ujian sehiingga akan ada penghematan luar biasa. Lalu juga ada presensi digital yang terhubung langsung dengan orang tua sehingga dapat mengontrol putra-putrinya dengan efektif," jelasnya.

"Dengan demikian ini bisa menjadi daya tawar sekolah kita pada masyarakat,” pungkas Didik yang lalu diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara sekolah-sekolah Muhammadiyah di Aceh dengan EduMu. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat