visitaaponce.com

Sujud Syukur Satu Abad Pondok Modern Darussalam Gontor

Sujud Syukur Satu Abad Pondok Modern Darussalam Gontor
Perayaan satu abad pondok modern Gontor, Ponorogo, Jatim, Rabu (27/9).(MGN)

PONDOK modern Darussalam Gontor yang berpusat di Ponorogo, Jawa Timur telah menginjak usianya ke-100 tahun. Ribuan santri bersama seluruh pengasuh pondok pesantren itu menggelar sujud syukur, Rabu, 27 September 2023.

Acara sujud syukur ini dilaksanakan di Masjid Jami Gontor, komplek Pondok Gontor pusat, seusai salat zuhur. Dalam peringatan satu abad Darussalam Gontor itu, sejumlah tokoh nasional juga turut hadir.

Ribuan santri dan pengasuh pondok turut serta dalam kegiatan tasyakuran ini. Sejumlah tokoh juga turut hadir, diantaranya Wakil Rais ‘Aam PB Nahdlatul Ulama Muhammad Anwar Iskandar, Ketua PP Muhammadiyah bidang Kepesantrenan dan Pembinaan Haji Saad Ibrahim, dan Wakil MPR-RI Hidayat Nur wahid.

Baca juga : Bedah Tradisi Keilmuan Universitas Gontor dan Tebuireng, Dosen UMS Raih Doktor

Momentum satu abad tersebut digunakan untuk meluncurkan penulisan Mushaf Gontor, yang dimulai dengan penulisan lafaz Basmalah oleh Khattath Maroko, Syeikh Belaid Hamidi.

Mushaf ini nantinya akan menjadi legacy untuk generasi yang akan datang. Penulisan Mushaf ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya pada tahun 1989 juga pernah dilakukan penulisan Mushaf Gontor.

Baca juga : Polisi Temukan Fakta Baru saat Rekonstruksi Tewasnya Santri Gontor

Rekor Universitas Darussalam Gontor, Hamid Fahmi Zarkasyi mengatakan, Gontor mampu bertahan dan terus berkembang hingga usianya satu abad ini tidak lepas dari berbagai sistem yang dikembangkan. "Salah satunya sistem wakaf holistik," kata Hamid.

Menurutnya, keberhasilan Sistem wakaf tersebut saat ini terus diajarkan kepada masyarakat luas.

Baca juga : Gontor

Kegiatan sujud syukur ini merupakan serangkaian pembukaan peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor. Sementara puncak peringatan akan digelar tahun 2026 mendatang. Berbagai kegiatan pun akan terus digelar selama tiga tahun kedepan. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat