visitaaponce.com

GGN Jatim Gelar Ngaji Fiqih Rukun Ramadan di Ponorogo

GGN Jatim Gelar Ngaji Fiqih Rukun Ramadan di Ponorogo
Kegiatan Ngaji Fikih Rukun Ramadan GGN Jatim(Dok. GGN Jatim)

GUS-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur memperkuat kembali ukhuwah islamiyah antarumat dengan melangsungkan agenda lanjutan Ramadan Ngaji Fiqih Rukun Puasa.

Sukarelawan Ganjar Pranowo itu juga memberikan tausiyah tentang hikmah puasa Ramadan di Pondok Pesantren (Ponpes) Bani Hasan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Sedikitnya ada seratus peserta yang terdiri dari santri dan majelis taklim yang tampak mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.

Baca juga : Usbat Ganjar Gelar Pentas Seni Ramadan Bareng Remaja Masjid di Deli Serdang

Koordinator Wilayah (Korwil) GGN Jawa Timur Alwy Hasan mengatakan, kegiatan tersebut diisi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bani Hasan Kyai H. Nasori Kegiatan ngaji dan tausiyah Ramadan tersebut digelar dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadan yang penuh dengam berkah.

"Kami di sini mengadakan pengajian juga bantuan material kepada Pondok Pesantren Bani Hasan berupa semen, bata, pasir dan besi untuk keperluan pembangunan pesantren tersebut," ujar dia.

Alwy berharap dengan adanya acara tersebut tali silaturahmi antarkomunitas dengan para santri akan makin erat lagi. 

Baca juga : Sambut Malam Nuzulul Quran, Relawan Ganjar Gelar Pawai Obor di Palembang

Selain itu, dirinya juga berharap Santri maupun Majelis Taklim yang hadir dapat mengambil hikmah dari acara tersebut. 

"Betapa besarnya hikmah puasa yang pahalanya luar biasa besar. Sehingga ini harus kami sebarluaskan kepada masyarakat. Karena dengan puasa, hati kita menjadi jernih, keinginan mudah terkabulkan oleh Allah SWT. Itu merupakan salah satu diantara hikmah puasa," ungkapnya.

Menjalankan ibadah bulan suci Ramadan merupakan suatu kewajiban dimana setiap umat muslim yang beriman wajib hukumnya dalam berpuasa. Hal tersebut disampaikan oleh Alwy Hasan yang menyampaikan pahala dan manfaat dalam berpuasa Ramadhan.

Baca juga : Relawan Santri Sosialisasikan Program Ganjar-Mahfud di Jateng

"Bulan suci Ramadan merupakan salah satu kewajiban umat muslim untuk berpuasa, dimana ganjarannya dilipa gandakan oleh Allah lebih dari 70 derajat," tambahnya.

Alwy berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan ketaatan umat muslim dalam menjalankan ibadah wajib puasa.

Selain rangkaian tersebut, GGN doa dan tausiyah diakhiri dengan momen buka bersama seluruh umat yang hadir. 

Kemudian diakhir dengan pemberian bantuan material, seperti bata, besi, semen dan pasir guna mendukung pembangunan di Pondok Pesantren Bani Hasan. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat