visitaaponce.com

Sambut Malam Nuzulul Quran, Relawan Ganjar Gelar Pawai Obor di Palembang

Sambut Malam Nuzulul Quran, Relawan Ganjar Gelar Pawai Obor di Palembang
Relawan Ganjar mengikuti pawai obor di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (9/4).(MI/DWI APRIANI)

RATUSAN anak muda dari berbagai daerah mengikuti pawai obor menjelang malam Nuzulul Quran di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (8/4). Nuzulul Quran diperingati setiap 17 Ramadan yang tahun ini bertepatan dengan 8 April.

Nuzulul Quran merupakan malam istimewa bagi pemeluk agama Islam di kala Ramadan. Ini merupakan malam diturunkannya Al-Quran untuk pertama kali.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) pun turut memeriahkan peringatan malam Nuzulul Quran dengan kegiatan positif. Mereka mengikuti pawai obor berbagai daerah di Palembang. Nampak keceriaan di wajah mereka saat berkeliling membawa obor sambil melantunkan selawat yang diiringi oleh marawis.

Pawai obor mengitari beberapa titik di Kelurahan Sukabangun, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang dan mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat sekitar. Warga nampak keluar rumahnya untuk menyaksikan pawai obor dari GMC Sumsel itu.

Baca juga: Sahabat Ganjar Gelar Registrasi Ulang Peserta Mudikers GP 2024

Koordinator Wilayah GMC Sumsel Rudianto Widodo mengatakan terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan hasil dari kolaborasi dengan berbagai organisasi dan komunitas di Palembang.

Mulai dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kota Palembang, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Raden Fatah Palembang, hingga anggota karang taruna dari kelurahan setempat.

"Ini merupakan bentuk edukasi kami selaku milenial untuk selalu melakukan kegiatan-kegiatan produktif, salah satunya di bidang religi," kata Widodo.

Baca juga: Pentas Seni Ramadan, Cara Usbat Ganjar Bina Potensi Remaja di Serdang Bedagai

Widodo menuturkan pihaknya akan terus menggelar kegiatan bermanfaat pada Ramadan serta melibatkan para milenial. Beberapa di antaranya seperti kegiatan berbagi makanan untuk sahur dan buka puasa bersama.

"Kami terinspirasi dari sosok Ayah Ganjar yang selain beliau memiliki jiwa nasionalisme, dia juga memiliki jiwa religius yang kuat," ujar dia.

Salah satu peserta pawai obor GMC Sumsel, Visun Rahman menyebut, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk rekan-rekan yang seusia dengannya.

"Menurut saya manfaat dari kegiatan ini yang pertama meningkatkan silaturahmi dari para milenial yang ada di Palembang," katanya.

Kegiatan ini, disebutnya juga berguna agar para milenial bisa kembali mengingat sekaligus melestarikan tradisi pawai obor saat malam Nuzulul Quran yang saat ini disebutnya mulai terlupakan.

"Harapan saya GMC Sumsel dapat terus memaksimalkan apapun yang menjadi agendanya selagi itu positif. Saya berharap GMC Sumsel dapat menampung aspirasi milenial yang ingin melaksanakan kegiatan," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat