visitaaponce.com

Bangunkan Sahur Dengan Berkeliling Kampung Bawa Obor Sambil Bernyanyi

Bangunkan Sahur Dengan Berkeliling Kampung Bawa Obor Sambil Bernyanyi
Komunitas Pemuda Aralle Utara, Sulawesi Barat memutuskan membangunkan warga untuk sahur dengan membawa obor dan bernyanyi.(Metro TV)

BERAGAM cara dilakukan untuk membangunkan warga makan sahur di bulan Ramadan. Di kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, komunitas pemuda Aralle utara membangunkan warga dengan cara bernyanyi sambil membawa obor berkeliling kampung.

Komunitas pemuda Aralle Utara membawa seperangkat sound system pemuda ini rela berjalan kaki sejauh lima kilometer berkeliling kampung mendatangi setiap rumah warga.

Menariknya mereka membawa obor, bernyanyi, dan menggenakan seragam putih, sehingga penampilan mereka menarik perhatian warga. Aksi mereka pun direspon positif oleh warga sekitar yang mengaku sangat terhibur sehingga membuat warga justru ikut bergabung dan berjoget bersama.

Baca juga : Nutrisi Seimbang, Kunci Sehat Puasa Ramadan

Kegiatan membangunkan warga untuk makan sahur ini biasanya dimulai pukul 02.00 Wita dan berakhir sebelum masuk waktu imsak. Saat berjalan keliling kampung, mereka bernyanyi dan melantunkan lagu lagu shawalat dan religi di sepanjang jalan yang dilalui. 

Untuk meyakinkan jika pemilik rumah sudah bangun, pemuda ini tidak akan meninggalkan rumah warga jika pemilik rumah belum bangun.

Ketua komunitas pemuda Dudi mengatakan, kegiatan membangunkan sahur seperti ini bukan baru pertama kali dilakukan, melainkan sudah menjadi tradisi setiap tahun pada saat bulan suci Ramadan. 

Baca juga : Ini Tips Menyiapkan Hidangan Sahur dan Buka Puasa dari Sisca Soewitomo

"Kami lakukan selama Ramadan, kegiatan sahur seperti ini. hanya sepeti pada umumnya berkeliling kampung membawa speaker lalu memutar lagu khasidah dan salawat," ujar Dudi yang mengungkapkan kegiatan ini baru dimulai pada 2023.

Dudi mengaku kegiatan mereka terinspirasi video dendang sahur. Setelah berembuk dengan komunitasnya, mereka memutuskan untuk berkeliling desa dengan membawa lagu religi dan seragam. "Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik dan dinantikan masyarakat," ujarnya.

Tujuan kegiatan ini digelar agar para kaum muslim yang belum menyantap sahur bisa secepatnya bangun sahur sebelum waktu imsak tiba.

Mereka berharap agar ke depan, cara membangunkan sahur ala pemuda milenial Aralle Utara ini menjadi motivasi dan bisa dilakukan oleh seluruh pemuda desa yang lain, sehingga sama-sama bisa memanfaatkan atau mengisi bulan suci ramadhan dengan hal positif. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat