visitaaponce.com

Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Luncurkan Program Gerakan Literasi Hijau di SMP At-Tin UMP

Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Luncurkan Program Gerakan Literasi Hijau di SMP At-Tin UMP
(PONDOK PESANTREN AT-TIN UMP)

PONDOK Pesantren Modern At-Tin UMP, Marga Ayu, Margasari, 28 Januari 2024, Dalam upaya meningkatkan budaya literasi di kalangan sekolah Muhammadiyah, Sekolah Menengah Pertama At-Tin UMP memperkuat semangat literasi dengan menggelar acara 'Seminar Literasi Santri dan Launching Gerakan Literasi Hijau At-Tin'.

Acara yang berlangsung pada hari Minggu ini mengundang narasumber terkemuka di bidang motivator siswa dalam literasi, Dr Gufron Amirullah SPd, MPd, didampingi Hendra Apriyadi, Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Non Formal (PNF)  PP Muhammadiyah yang menjadi pembicara utama dalam seminar ini. 

Dr Gufron Amirullah SPd, MPd memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya literasi dalam pendidikan Muhammadiyah, serta kemampuan memotivasi diri untuk selalu membaca, menulis dan berdiskusi. 

Baca juga: Muhammadiyah Desak Presiden Jokowi Cabut Pernyataannya

Pria yang akrab disapa Pak Guf itu juga memberikan wejangan bahwa beberapa ciri utama santri Muhammadiyah di antaranya berkarakter wasatiyah, berpikiran modern dan berwawasan global.

Kepala Sekolah Menengah Pertama At-Tin UMP Alvin Qodri Lazuardy SAg, MPd juga turut hadir dan memberikan dukungan penuh terhadap gerakan literasi hijau yang dicanangkan oleh sekolahnya. "Kami percaya bahwa literasi hijau adalah langkah konkret untuk membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan," ujar Alvin

Gerakan 'Literasi Hijau' ini tidak hanya diinisiasi oleh sekolah, tetapi melibatkan seluruh komunitas santri dan staf pendidik di SMP At-Tin UMP. Mereka mengajak untuk lebih aktif dalam membaca dan menulis, sambil senantiasa menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Baca juga: Mimpi Muhammadiyah Majukan Demokrasi Sulit Terealisasi

Seminar yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diadakan di Kampus 4 UMP Pondok Pesantren Modern At-Tin UMP. Selain sesi seminar, acara ini juga menandai dimulainya program literasi hijau yang akan terus diterapkan dalam berbagai kegiatan di sekolah, sejalan dengan semangat 'Islamic Ecology, Literation And Sports' yang menjadi tagline dari SMP At-Tin UMP Islamic Green School.

Dengan berbagai kegiatan yang dihadirkan, SMP At-Tin UMP berharap dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter literatif dan kepedulian terhadap lingkungan, menciptakan generasi yang cerdas dan berbudaya Ilmu sesuai Worldview Islam.

Seminar ini ditutup dengan seremonial peresmian Gazebo Literasi Hijau di Komplek Pesantren Modern At-Tin UMP. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat