visitaaponce.com

SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin Jawara Kompetisi K3TAB 2023

SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin Jawara Kompetisi K3TAB 2023
PT Trakindo Utama mengumumkan SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai juara umum kompetisi K3TAB 2023.(Ist)

PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat caterpillar di Indonesia, mengumumkan SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai juara umum kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2023.

Mengusung tema Raih prestasi cemerlang, bangun masa depan gemilang, penyelenggaraan K3TAB 2023 sejak 30 September ini menjangkau lebih dari 30 peserta SMK dan politeknik jurusan alat berat dari berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Siswa, Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 Batch 2 Dibuka

Chief Administration Officer Trakindo Yulia Yasmina menjelaskan K3TAB merupakan ajang untuk mengidentifikasi kemampuan dan potensi peserta didik jurusan teknik alat berat dalam kaitannya kesiapan peserta didik untuk memasuki dunia kerja.

“K3TAB ialah bagian program CO-OP yang sudah Trakindo lakukan sejak 1996, dan jadi salah satu gambaran keseriusan Trakindo berkontribusi memajukan pendidikan vokasi alat berat di Tanah Air."

"Kami berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat terus memiliki semangat bersama-sama melanjutkan sinergi ini demi kemajuan mutu generasi penerus bangsa,” katanya, dalam siaran persnya, Minggu (8/10).

Baca juga: Peraih Medali Worldskills Hengky Sanjaya Raih Summa Cum Laude di Binus International

Lebih banyak dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan K3TAB tahun ini diikuti 8 SMK dan 5 politeknik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk SMK meliputi SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 1 Mimika, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Dumai, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sorong, dan SMKN 6 Samarinda.

Adapun politeknik diikuti Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Padang, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Samarinda.

Muhammad Nadlifsyam selaku perwakilan juara umum tingkat SMK asal SMKN 1 Balikpapan dan Heru Supriyanto SPd selaku perwakilan guru pendamping mengatakan kegiatan K3TAB sangat positif karena membantu sekolah dalam memberikan ilmu pengetahuan dan gambaran langsung terkait dunia kerja.

“Pencapaian kami di kompetisi K3TAB ini juga tak lepas dari arahan dan didikan instruktur Trakindo selama kami menjalani pelatihan on the job training (OJT) sehingga kami merasakan pengalaman kerja sesungguhnya dan bisa menjalani kompetisi dengan hasil baik,” kata Heru.

Baca juga: Para Siswa SMA Unjuk Inovasi Skincare di Ajang iCS Skinovation 2023

Yulia menjelaskan program K3TAB dirancang untuk meninjau kompetensi (skill dan knowledge) yang diperoleh peserta didik selama kurang lebih dua tahun sesuai dengan jenjang pendidikannya.

"Dengan demikian, materi-materi yang diujikan disesuaikan materi yang diperoleh peserta didik dalam kurun waktu tersebut," ujar Yulia.

Secara umum para peserta kompetisi diuji melalui empat tahap, dengan melibatkan tim juri para ahli/profesional dari Trakindo.

Empat tahap itu yakni innovation presentation yang memaparkan satu judul presentasi dalam Bahasa Indonesia, knowledge assessment dengan ujian tertulis dan mengidentifikasi nama komponen engine dan machine.

Selanjutnya, practical assessment dengan melakukan pekerjaan, mulai dari menentukan reusability suatu komponen hingga melakukan preventive maintenance (perawatan) pada engine, terakhir, teamwork and attitude peserta selama melakukan kegiatan.

Dengan usainya K3TAB 2023, Yulia berharap peserta terus berprestasi dan jadi inspirasi bagi rekan, keluarga, masyarakat, dan negara dalam hal kemajuan teknik alat berat. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat