visitaaponce.com

Panggul Jadi Bagian Tubuh Paling Terdampak Osteoporosis

Panggul Jadi Bagian Tubuh Paling Terdampak Osteoporosis
Ilustrasi(Istimewa)

Dokter spesialis ortopedi lulusan Universitas Indonesia Yoshi Pratama Djaja mengungkapkan, secara epidemiologis, panggul menjadi salah satu bagian tubuh paling terdampak osteoporosis. Baru, setelah itu, adalah pergelangan tangan dan tulang belakang.

"Alasan spesifik mengapa osteoporosis memberi dampak besar kepada tiga bagian tubuh di atas masih belum dapat dijelaskan secara mendetil. Namun, itu diduga berhubungan dengan morfologi dan fungsi ketiga bagian tersebut," ujar Yoshi melalui keterangant tertulis, Senin (16/10).

Ia mengatakan tulang panggul (hip) tidak hanya mendapatkan gaya kompresi ketika menahan beban tubuh, tetapi juga mengalami gaya tensi yang berakibat pada tingginya proses resorpsi.   

Baca juga: Komunitas Sopir Truk Ajak Cegah Osteoporosis Lewat Senam Sehat di Indramayu

Ketua Divisi Data dan Teknologi Informasi Indonesian Orthopaedic Association (IOA) itu pun memberi tips kepada masyarakat supaya tidak terkena osteoporosis saat lanjut usia nanti. Ia menyarankan masyarakat rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, serta mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D. "Dua hal itu akan sangat membantu dalam mencegah osteoporosis," ucapnya.

Kemudian, bagi orang yang sudah mengalami patah tulang panggul akibat osteoporosis, mereka harus mengembalikan fungsi struktur yang patah dengan melakukan operasi hip replacement.

Baca juga: Penderita Asma Lebih Berisiko Alami Osteoporosis

Tujuan dilakukan operasi adalah agar pasien dapat langsung mobilisasi duduk, berdiri, dan berjalan seperti sebelum mengalami fraktur tulang panggul.

"Tindakan operasi yang segera dan rehabilitasi atau recovery yang baik memegang peran penting di dalam hal ini," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat