visitaaponce.com

Pastikan Keluarga Konsumsi Mi Instan untuk Kebutuhan Gizi

Pastikan Keluarga Konsumsi Mi Instan untuk Kebutuhan Gizi
Ilustrasi(Ist)

MAKANAN sebagai bagian penting pada kelangsungan hidup manusia karena tubuh membutuhkan asupan protein, lemak, dan vitamin.

Namun, tak jarang jenis makanan yang sedikit memberikan suplai nutrisi dikonsumsi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah mi instan.

Mi instan adalah jenis makanan cepat saji yang laris di pasaran. World Instant Noodles Association (WINA) misalnya, merilis jumlah konsumsi mi instan di Indonesia pada Mei 2023 tercatat sebanyak 13,27 miliar.

Baca juga: Bidik Pencinta Kuliner dengan Mi Instan Rasa Soto Tanpa Zat Pengawet

"Namun begitu, mi instan yang rendah nutrisi bukan berarti tidak boleh dikonsumsi. Mi instan sebaiknya dikonsumsi setelah mencukupi syarat-syarat tertentu seperti tdak mengandung pengawet dan MSG, serta rendah gluten," ungkap Brand Spesialis Meeandme Raihana Syasya Auliya melalui keterangan tertulisnya, Jumat (27/10).

Ia menjelaskan dalam satu kemasan mi instan setidaknya mengandung 800 mg natrium atau MSG, gluten, serta 370 kalori. 

Perlu diketahui, kebutuhan MSG per hari pada tubuh sebaiknya tak lebih dari 120 mg/kg berat badan. Adapun, asupan kalori per hari tubuh tidak dianjurkan melebihi 1.200 kalori untuk perempuan dan 1.500 kalori untuk pria.

"Faktanya, tidak sedikit masyarakat mengkonsumsi makanan cepat saji lainnya sebelum mengkonsumsi mi instan sehingga mendorong penumpukan kandungan kalori, MSG, dan gluten yang tak baik bagi tubuh," terang Raihana.

Baca juga: Begini Cara Sehat Konsumsi Mi Instan, Jangan Tambahkan Kerupuk

Menurut dia, dampak mengkonsumsi kandungan itu secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker, obesitas, penyakit kardiovaskular, hingga risiko kematian yang lebih tinggi.

"Maka itu, penting bagi kepala keluarga dan individu memilih mi instan dengan bahan-bahan yang aman untuk dikonsumsi untuk mengurangi risiko adanya penyakit kronik," ujar Raihana.

Saat ini, kata dia, salah satu produk mi instan yang tidak mengandung MSG, rendah gluten, dan rendah kalori bisa ditemukan dalam Mee & Me.

"Mee & Me hadir sebagai mi instan sehat, dengan dua varian yakni kuah ayam bawang dan ayam jamur. Sekarang waktunya menyeimbangkan kebutuhan gizi tubuh agar tidak berlebihan atau kekurangan," tutupnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat